Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Keuangan terhadap Kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Buton

Authors

  • Wa Ode Arsy Rahmayani Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rasmuin Rasmuin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • La Didi Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/administratio.v11i2.1039

Keywords:

Transparansi, Akuntabilitas Keuangan, Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh transparansi dan akuntabilitas secara simultan dan parsial terhadap kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Buton. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa transparansi dan akuntabilitas keuangan secara bersama-sama (simultaneously) berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan nilai F-hitung yaitu sebesar 13.918 atau dengan tingkat signifikan f sebesar 0,000 < pada α = 0,05. Adapun secara terpisah (partial), hasil penelitian juga menunjukan bahwa transparansi dan akuntabilitas keuangan berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Dimana tranparansi diperoleh nilai t-hitung sebesar 2.765 atau dengan tingkat signifikan t sebesar 0,002 < pada α = 0,05, sedangkan akuntabilitas keuangan diperoleh t-hitung sebesar 2.687 dengan tingkat signifikan t sebesar 0,004 < pada α = 0,05. Dengan demikian disimpulkan bahwa transparansi dan akuntabilitas keuangan baik secara bersama-sama (simultaneously) ataupun secara terpisah (partial) signifikan pengaruhnya terhadap kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang di Kabupaten Buton.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan. 2000. Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Desa. Jakarta.

Didi, L. (2001). Pemberdayaan masyarakat desa pesisir (pendekata, teori dan konsep). penapersada.

Dwiyanto. 2006. Penilaian Kinerja Organisasi Pelayan Publik. Yogyakarta. Pustaka

Dwiyanto.A, et all. 2002. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM. Yogyakarta.

Dwiyanto, A. (2014). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Gajah Mada University Press.

Fanny Jitmau, Lintje Kalangi, Linda Lambey. 2020. Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi dan Fungsi Pemeriksaan Intern Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Studi Empiris Di Kabupaten Sorong). Program Magister Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sam Ratulangi.

Halim, Abdul. 2007. Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta :Salemba Empat.

J.B. Ghartey. 2004. Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: KEP/26/M.PAN/2/2004 tentang petunjuk teknis transparasi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pelayanan publik

Komarudin, Dan Satmoko, 2009, Transparansi Dan Akuntabilitas Pelayanan Publik Kasus Teknologi Pengelolaan Air Bersih Dan Air Limbah Domestik, JAI Vol 5 No. 1. 2009.

Kusumastuti, Lukito, Penny. 2014. Membumikan Transparansi Dan Akuntabilitas Kinerja Sektor Publik: Tantangan Demokrasi KeDepan. PT Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Lailatul Qodariah. 2017. Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Kinerja Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota Palembang/Akuntansi Sektor Publik. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhamadiyah Palembang.

Levy, B. (2007). Governance reform: Bridging monitoring and action. The World Bank.

Lukito, P. K. (2014). Membumikan transparansi dan akuntabilitas kinerja sektor publik; tantangan berdemokrasi kedepan. Grasindo.

Safroni, M. L. (2012). Manajemen dan Reformasi Pelayanan publik dalam konteks birokrasi Indonesia. Aditya media Publishing.

Sulistiani, A. T. (2017). Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Gava Media.

Downloads

Published

2022-08-01

Issue

Section

Articles