Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buton
DOI:
https://doi.org/10.55340/administratio.v11i2.1041Keywords:
Kualitas Pelayanan, Akta KelahiranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buton dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif guna memberikan gambaran yang mendalam terkait objek penelitain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Buton dapat dilihat secara sederhana yaitu prosedur pelayanan akta kelahiran yang ada mudah dilaksanakan oleh masyarakat, pegawai cepat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan adanya ketentuan loket pelayanan pegawai. Kejelasan dan kepastian yaitu kejelasan prosedur pelayanan akta kelahiran, yang mana masih terdapat keluhan masyarakat karena beberapa kesalahan pengetikan dan masih kurangnya kesadaran masyarakat krean proses pengurusan yang dianggap berbelit-belit. Keterbukaan yaitu proses pelayanan akta kelahiran selalu diinformasikan kepada masyarakat, informasi yang disampaikan mudah dipahami dan para pegawai terbuka terhadap masukan dari masyarakat. Efisiensi yaitu tidak ada biaya untuk pengurusan akta kelahiran sehingga masyarakat tidak lagi terbebani dengan biaya-biaya lain yang dapat menghambat proses pelayanan. Ketepatan waktu yaitu kedisiplinan pegawai terhadap jadwal kantor, dan ketepatan waktu penyelesaian pelayanan pengaduan dari masyarakat yang mengurus akta kelahiran.
Downloads
References
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Men-PAN) Nomor 81 Tahun 1993
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum penyelenggaraan Pelayanan Publik
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran Jilid I. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Media
Kurniawan, Agung. 2006. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan
Lembaga Administrasi Negara,2003. 2003. Sistem Administrasi Negara Indonesia (SANKRI), Lembaga Administrasi Negara. Jakarta
Maskun, Sumitro.2002. Profesi Aparatur Negara dalam Birokrasi Indonesia. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Ilmu-Ilmu Sosial. Medan
Moch Iqbal Abdillah, Abdul Kholiq Azhari, Suji. 2013. Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembuatan Akta Kelahiran Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember (UNEJ).
Moenir, H.A.S. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Mukarom, Zaenal. 2016. Membangunan Kinerja Pelayanan Publik, Menuju Clean Government and Good Governance. Jawa Barat: CV. Pustaka Setia
Nasution, M. Arif. 2008. Metodologi Penelitian. Medan: Fisip USU Press
Nawawi, Hadari,2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. Gajah Mada University, Yogyakarta
Nora Sembadra Mahardhika, Endang Larasati. 2014. Analisis Kualitas Pelayanan Akta Kelahiran Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Semarang. Departemen Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro
Pasolong, Harbani. 2013. Teori Administrasi Publik .Bandung: CV Alfabeta
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2008 Tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil
Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Percepatan Peningkatan Cakupan Kepemilikan Akta Kelahiran
Purnama, Nursya’bani. 2006. Manajemen Kualitas: Perspektif Global. Yogyakarta: Ekonisia
Rakhmat. 2009. Teori Administrasi dan Manajemen Publik. Jakarta : Pustaka Arif.
Rangkuti, Freddy.2002.Riset Pemasaran. Jakarta.PT.Gramedia Pustaka Utama
Rohman, Ahmad Ainur dkk. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Malang: Program Sekolah Demokrasi
Rusli, Said. 2012. Pengantar Ilmu Kependudukan. LP3S. Jakarta.
Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Selpianti. 2016. Akta Kelahiran Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Batu. Program Studi Ilmu Administrasi Negara, FISIP, Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang
Siagian, 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya, PT. Rineke Cipta, Jakarta
Sinambela, Lijan Poltak. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta. PT. Bumi Aksara
Situmorang. 1994. Hukum Kepegawaian Mengenai Kedudukan Hak dan Kewajiban Pegawai Negeri Sipil. Jakarta :Ghalia Indonesia
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan