Partisipasi Publik dalam Proses Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Pada SMA Negeri 2 Kota Baubau)
DOI:
https://doi.org/10.55340/administratio.v11i3.1049Keywords:
Kualitas pelayanan, partisipasi dan pademi covid 19Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mendeksripsikan partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran di era pandemi Covid-19 pada SMA Negeri 2 Kota Baubau. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif. Peneliti berperan sebagai instrumen utama. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder, informan dipilih dengan menggunakan teknik purposif sampling. Pengumpualn data dilakukan melalui proses wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menyiapkan data dan mengorganisir data, mereduksi data dan menyajikan data. Pemeriksaan faliditas data dilaksanakan dengan uji kepercayaan data, transfermabilitas, dependabilitas dan konformabilitas. Temuan penelitian menunjukan Partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran di era pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 2 Kota Baubau sebagian besar peserta didik disiplin, hadir belajar, mengukuti ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan semester, namun masih ada sebagain peserta didik yang partisipasinya dalam pembelajaran tidak disiplin, rendah kehadiranya baik untuk belajar, ulangan harian maupun ulangan semester. Selain itu pendidik tidak memberikan tugas kelompok selama Pandemic Covid-19.
Downloads
References
Abdullah, M. Y., Bakar, N. R. A., & Mahbob, M. H. (2012). The Dynamics of Student Participation in Classroom: Observation on Level and forms of Participation. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.09.246
Alexander Abe. (2002). Perencanaan Daerah Partisipatif. Pondok Edukatif.
Andrianto, Tuhana Taufiq. 2011. Mengembangkan Karakter Sukses Anak di Era Cyber. Jogjakarta. Ar-ruzz Media.
Cahyani, A., Listiana, I. D., Puteri, S., Larasati, D., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., & Belajar, M. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.
Chaerunissa, C. (2014). Partisipasi Masyarakat Dalam Program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Di Kabupaten Brebes. Politika, 5(2), 1–15.
Chalid, P. (2005). Otonomi Daerah: Masalah, Pemberdayaan, dan Konflik. Kemitraan, 1–155.
Chozaipah. (2018). Peran dan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi di SMKN 1 Dumai Provinsi Riau. Jurnal Serambi PTK, V(1), 60–65.
Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan (perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif (terjemahan). Pustaka Pelajar.
Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset (memilih diantara lima pendekatan (Syaiduddin Zuhri qudsi (ed.); pertama). Pustaka Pelajar.
Deviyanti, D. (2013). Studi Tentang Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan di Kelurahan Karangjati Kecamatan Balikpapan Tengah. EJournal Administrasi Negara, 1(2), 380–394. https://doi.org/10.1007/s00520-011-1204-y
Hadi, A. P. (2015). Konsep pemberdayaan, partisipasi dan kelembagaan dalam pembangunn. Pusat Pengembangan Masyarakat Agrikarya, 1987, 1–14.
Herwanto, S., & Hatmo, D. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Secara Daring. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 115–122.
Ikasari, J., Nissa, I. C., & Juliangkary, E. (2017). Identifikasi Bentuk Partisipasi Siswa Smp Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis ELPSA. Media Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33394/mpm.v5i2.1794
Karianga, H. (2011). Partisipasi Masyarakat dalam pengelolaan keuangan daerah. Alumni.
Moleong, L. J. (2002). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja rosda karya.
Mulajaya, R. P. (2020). Strategi Pelayanan sistem pembelajaran pada masa pemberlakuan New Normal (studi kasus di SMP Negeri 3 Ngawen Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora). Majalah Ilmiah, 1(21), 1–17.
Muluk., M. . K. (2007). Menggugat Partisipasi Publik dalam Pemerintahan Daerah (sebuah Kajian dengan berpikir sistem). Bayumedia Publishing & Lembaga Penerbit & Dokumentasi FIA-UB.
Nurhayati, N. (2016). Peningkatan Partisipasi Dan Prestasi Belajar Pkn Dengan Model Pakem Siswa Sekolah Dasar. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar). https://doi.org/10.26555/jpsd.v2i1.a4949
Nuriyanto, N. (2014). Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia, Sudahkah Berlandaskan Konsep “Welfare State”? Jurnal Konstitusi, 11(3), 428–453.
Purbawati, C., Rahmawati, L. E., Hidayah, L. N., & Sari, L. (2020). Tingkat Partisipasi Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11, 102–108.
Soetomo. (2006). strategi Pembangunan Masyaraat. Pustaka Pelajar.
Solekhan, M. (2014). penyelengaraan pemerintahan desa berbasis partisipasi masyarakat. Setara Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kebijakan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi. Alfabeta.