Kualitas Pelayanan Pendidik dalam Proses Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19 (Studi pada SMA Negeri 2 Kota Baubau)
DOI:
https://doi.org/10.55340/administratio.v11i3.1052Keywords:
Kualitas pelayanan, pademi covid-19Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mendeskripsikan kualitas pelayanan pendidik dalam proses pembelajaran di era pandemi Covid-19 pada SMA Negeri 2 Kota Baubau. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif deskriptif. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder, informan dipilih dengan menggunakan teknik purposif sampling. Pengumpualn data dilakukan melalui proses wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menyiapkan data dan mengorganisir data, mereduksi data dan menyajikan data. Pemeriksaan faliditas data dilaksanakan dengan uji kepercayaan data, transfermabilitas, dependabilitas dan konformabilitas. Temuan penelitian menunjukan pertama kualitas pelayanan pembelajaran di era pandemic covid 19 dilaksanakan dengan tangibles (nyata) secara virtual, dan penuh percaya diri (reliable) walaupun kadang terlambat mengajar secara virtual, namun berupaya responsive. Selain itu pendidik sebagian besar telah memliki kemampuan (competence)/ tersertifikasi, sopan (courtesy) selama pembelajaran, jujur dan bertanggungjawab (credibility) serta humanis. Pendidik menjaga keamanan (security), memberikan akses, berkomunikasi secara virtual dan selalu memahami keadaan peserta didik (understanding the customer) dengan berkunjung kerumah peserta didik.
Downloads
References
Cahyani, A., Listiana, I. D., Puteri, S., Larasati, D., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., & Belajar, M. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.
Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan (perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif (terjemahan). Pustaka Pelajar.
Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset (memilih diantara lima pendekatan (Syaiduddin Zuhri qudsi (ed.); pertama). Pustaka Pelajar.
Denhardt, J. V. D. & R. B. (Terjemahan S. P. (2007). The new public service: serving ot steering). M.E. Sharpe.
Dwiyanto, A. (2014). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Gajah Mada University Press.
Hasnih., Gunawan., H. (2016). Pengaruh Lima Dimensi Kualitas Pelayanan PublikTerhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat di Kelurahan Ompo Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng. Jurnal Mirai Management.
Ikasari, J., Nissa, I. C., & Juliangkary, E. (2017). IDENTIFIKASI BENTUK PARTISIPASI SISWA SMP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ELPSA. Media Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.33394/mpm.v5i2.1794
Iskandar, R., Widiyastuti, A., Rista, N., & Amalia, A. N. (2021). Kualitas Layanan Dan Kepuasan Layanan Secara Daring Terhadap Loyalitas Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 4(2), 70–78. https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i2.477
Khozin, M., & Mutmainah, N. F. (2019). Kualitas Pelayanan Kesehatan Lansia di Kota Yogyakarta (Studi kasus pelayanan kesehatan pada Puskesmas Mantrijeron). Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 1(2), 143. https://doi.org/10.24198/jmpp.v1i2.18452
Krismanto, H., & Irianto, S. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Pada Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kota Dumai. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 3(1), 32. https://doi.org/10.24198/jmpp.v3i1.26677
Mindarti, L. I. (2016). Manajemen pelayanan publik (menuju tata kelola yang baik). UBpress.
Moleong, L. J. (2002). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja rosda karya.
Mulajaya, R. P. (2020). Strategi Pelayanan sistem pembelajaran pada masa pemberlakuan New Normal (studi kasus di SMP Negeri 3 Ngawen Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora). Majalah Ilmiah, 1(21), 1–17.
Mulyawan, R. (2016). birokrasi dan pelayanan publik. UNPAD Press.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the Covid-19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
Pratama, M. H. (2015). Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Deskriptif tentang Strategi UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Tandes Kota Surabaya dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor). Jurnal Kebijakan Dan Manajemen Publik, 3(3), 90–98.
Santaria, miftahul jannah A. & R. (2020). Mutu Pendidikan Era Revolusi 4.0 di Tengah Covid-19. Journal of Teaching and Learning Research, 2(2), 1–12.
Sholichah, A., & Nurchotimah, I. (2020). Partisipasi Generasi Muda dalam Pengawasan Pelayanan Publik untuk Mewujudkan Pemerintah Desa Bersih dari Korupsi. 169–178.
Sudaryanti, E. T. (2012). Pengembangan pelayanan publik berbasis partisipasi masyarakat (studi penelitian di dinas perizinan kabupaten bantul). Jurnal Riset Daerah, XI(2), 1778–1788.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kebijakan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi. Alfabeta.
Syamsir, A., Nur, M. I., Wahidah, I., & Alia, S. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Dalam Pembelajaran Berbasis Daring di Tengah Pandemi Coronavirus Disease 2019. 1–12. http://digilib.uinsgd.ac.id/30678/1
Widodo, Atim Widodo, A. H. P. (2016). Tantangan Kualitas Pelayanan Publik pada Pemerintah Daerah. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik Dan Pembangunan, 7(1), 15–26.
Yahya, M. (2018). Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia, Orasi Ilmiah Professor bidang Ilmu Pendidikan Kejuruan. Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makassar T.