Kinerja Pegawai Berbasis Aplikasi E-Office di Kabupaten Buton Tengah

Authors

  • Anita Hasliana Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/administratio.v13i1.1692

Keywords:

kinerja pegawai, e-office

Abstract

Kinerja pegawai memerlukan pendekatan yang holistik dan proaktif. Melalui komunikasi terbuka, pelatihan yang tepat, penghargaan yang layak, dan perhatian terhadap kesejahteraan pegawai, organisasi dapat meningkatkan kinerja dan menciptakan lingkungan kerja yang positif. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan kinerja pegawai berbasis aplikasi e-office di Kabupaten Buton Tengah. Metode penelitian deskriptif yang didasarkan pada pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan melalui berbagai metode seperti observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Data dialisis melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja pegawai dapat dengan mudah diukur dengan menggunakan aplikasi e-office. Dengan aplikasi tersebut kinerja pegawai semakin mudah dinilai, kualitas, kuantitas, tanggungjawab, dan disiplin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ke Tujuh, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

A Muwafik Saleh, 2010 . Manajemen Pelayanan. Pustaka Pelajar, Jakarta

Adi Widarma, Sri Rahayu, 2017. Perancangan Aplikasi Gaji Karyawan Pada PT. PP London Sumatra Indonesia Tbk. Gunung Malayu Estate Kabupaten Asahan. Jurnal Tekhnologi Informasi Program Studi Teknik Informatika, Universitas Asahan, 1 (1): 2.

Cornick. Mc dan Tiffin, 2003. Manajemen Kinerja. Alfabeta, Bandung

Dessler, G. 2000. Human Resource Management. 8th edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc

Drucker, P. F. (2001). The Essential Drucker: The Best Sixty Years of Peter Drucker's Essential Writings on Management. HarperBusiness.

Harvard Business Review. (2020). How Digital Transformation Is Reshaping the Workforce. Retrieved from [harvardbusinessreview.com](https://hbr.org)

Edi Sutrisno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Prenadamedia Group.

Fahmi, Irham. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Bandung : CV. Alfabeta

Fattah, Nanang (2011), Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Hasibuan, Malayu S.P. 2001. Organisasi dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Bumi Aksara, Jakarta

Hood, C, (1991). A Public Management For All Seasons. Public Administration. Vol 69 (1): p 3 – 16

Kusuma, L. P., & Sutanto, J. E. (2018). Peranan Kerjasama Tim Dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Zolid Agung Perkasa. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(4), 8.

Mulyono, T. (2018). Sistem informasi e-office sebagai pendukung program paperless korespondensi perkantoran (studi kasus: bagian administrasi akademik akademi komunitas semen indonesia gresik). Jurnal tecnoscienza, 2(2)

Moeheriono. 2010. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil

Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

Sari, R. N. I., & Hadijah, H. S. (2016). Peningkatan Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Dan Disiplin Kerja. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 215–225.

Torang, Dr.Syamsir.2014.Organisasi dan Manajemen.Bandung: ALFABETA

Ulima Rahmah, S. (2015). Efektivitas Kera Pegawai Dalam menerapkan E-Office untuk mendukung E-Goverment dalam kegiatan korespondensi kedinasan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya . Jurnal Administrasi Perkantoran(JPAP)

Zakiyah Fitri,Tulus Santoso, 2022. Pengaruh Aplikasi E-Office Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Kantor Walikota Jakarta Barat Tahun 2022. Jurnal Ilmu Administrasi Publik Vol 2, No.6, November 2022 pp.685-695 E ISSN : 2775-5053

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles