Strategi Pengembangan Pariwisata: Model Pentahelix Pada Objek Wisata Waburi Park Desa Gaya Baru Kabupaten Buton Selatan
DOI:
https://doi.org/10.55340/administratio.v13i2.1704Keywords:
pentahelix, pariwisata & colaborasiAbstract
Pembangan pariwisata dibutuhkan kesipan dukungan berbagai stakeholder, guna meningkatkan kualitas layanan pariwisata. Salah satu Strategi Pengembangan Pariwisata adalah Model Pentahelix. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pengembangan objek wisata Waburi Park melalui kolaborasi aktor pentahelix. Maksud penelitian ini untuk mengetahui strategi pengembangan objek wisata Waburi Park melalui model Pentahelix dalam meningkatkan daya tarik perekonomian Desa Gaya Baru. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kombinasi (mixed methods) dengan pendekatan yang menggabungkan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menyebar kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pengembangan pariwisata melalui model pentahelix pada objek wisata Waburi Park adalah mengembangkan dan mempertahankan kondisi bangunan wisata buatan Waburi Park, menjaga fasilitas agar tetap lestari, menyediakan paket wisata, memaksimalkan segala potensi seperti keunggulan dan keunikan Waburi Park untuk menghadapi persaingan antar kompetitor, mengakselerasi kolaborasi aktor Pentahelix.
Downloads
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: Syakir Media Press.
Asmiddin. (2019). Manajemen Strategik Organisasi Publik Dan Organisasi Bisnis. Pana Persada Kerta Utama. 52
Astuti, R. S., Warsono, H., & Rachim, A. (2020). “Collaborative Governance Dalam Perspektif Administrasi Publik (Tim DAP Press (ed.)). Semarang: Program Studi Doktor Administrasi Publik.
Bachruddin Saleh Luturlean S, 2019, ”Strategi Bisnis Pariwisata,” (Bandung : Humaniora), Cet.1
Barreto, M., dan Giantari, I.G.A.K. (2015). “Strategi Pengembangan Objek Wisata Air di Desa Marobo, Kabupaten Bobonaro, Timor Leste”. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 4(11),773-796.
Bogdan dan Taylor (1975). Introducting to Qualitative Moetods: Phenomenological. New York: A Wiley Intercience Publication.
Fefri Y. Roslin dkk (2023). Strategi Pengembangan Objek Wisata Buntuk Burake Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 23 No.7: 49-60
Halibabs, dkk (2017). The Pentahelix model of Innovation In Oman: Am Hei Perspective. Interdisiplinary Jounal of Information, Knowladge, and Managemen. Volumen 12. Informating Informating Science Institute: 159-127
Irawan, Koko. 2010. “Potensi Objek Wisata Air Terjun Serdang Sebagai Daya Tarik Wisata di Kabupaten Labuhan Batu Utara”. Kertas Karya. Program Pendidikan Non Gelar Pariwisata. Universitas Sumatera Utara.
Wijaya, I. (1989). Perilaku Organisasi, Bandung: Sinar Baru. 244.
I Gusti Bagus Rai Utama, 2017, “Pemasaran Pariwisata,” (Yogyakarta : Andi Offset)
Isdarmanto. 2016. “Dasar-dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata”. Yogyakarta: Gerbang Media Aksara dan StilPrAm Yogyakarta
Noor Suroija dkk (2022). Strategi Pengembangan Ekowisata Dengan Model Pentahelix Pada Karang Jahe Beach Kab Rembang. Administrasi Bisnis
Moleong, Lexy. (2010). “Metode Penelitian Kualitataf”. Bantung: Rosdyakarya
Mustori, Mohamad, and M. Taufiq Rahman. 2012. “Pengantar Metode Penelitian”. Yogyakarta: LaksBang Pressindo.
Rangkuti, F. (2015). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis Swot. Jakarta: PT. Gramedi. hal 3
Rachmat. (2014). Manajemen Strategik. Bandung: Pustaka Setia
Resa Vio Vani dkk (2020). Model Pentahelix Dalam Mengembangkan Potensi Wisata di Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmu Administrasi Publik UMA, 8 (1) : 63-70
Oka, I M.D., Darmayanti, P.W. & Sonder, I W. (2021). “Turtle conservation in serangan island: the implementation of community-based tourism concepts in tourism development”. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt / Egyptology, 18(2), 172-182
Soeda, Elfira, Pioh, Novie. Kasenda, Ventje. 2017. Kebijakan Pemerintahan Daerah Dalam Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Eksekutif. 1(1)
Soemaryani Imas. (2016). “Pentahelix Model to Increase Tourist Visit to Bandung and its Surrounding Areas through Huan Resource Development”. Journal Academy of Strategic Management .Volume 15. Special Issues 3. 2016
Sugiyono. (2017). “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D”. Bandung: Alfabeta.
Suwantoro, Gamal. 2004. “Dasar-Dasar Pariwisata”. Yogyakarta: Andi Offset.
Husein, Umar. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Yuningsih, T., Darmi, T., & Sulandari, S. (2019). “Model pentahelik dalam pengembangan pariwisata di Kota Semarang”. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 3(2), 84–93.