Pengaruh Kinerja Organisasi Terhadap Tingkat Kepuasan Pengguna Data pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Buton

Authors

  • La Ode Muhammad Amsil Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/administratio.v13i3.1737

Keywords:

tangible, responsiviness empaty, reliability, assurance

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kinerja organisasi terhadap kepuasan pengguna data pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Buton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan sumber data yaitu data primer dan data sekunder,dengan menggunakan teknik pengumpulan data secara observasi, kuisioner, wawancara, dan dokumentasi.Teknik data di analisis deskriptif kualitatif dan deskripsi kuantitatif berupa analisis kuisioner dari responden berdasarkan skala Likert dan uji validitas reliabilitas serta analisis indeks kepuasan pelanggan dan analisi regresi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja Badan Pusat Statistik Kabupaten Buton sudah sangat baik berdasarkan hasil analisis terhadap variable indicator kinerja pegawai.dengan lima aspek penilaian yang tertuang dalam kuisioner yakni produktifitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas, dan akuntabilitas. Demikian halnya dengan kepuasan pengguna data di BPS Kabupaten Buton,melalui pengukuran Indeks Kepuasan Pelanggan dengan lima variable indicator tingkat kepuasan pelanggan yakni tangible, empaty, responsiviness, reliability,dan assurance secara umu menunjukan responden puas dengan kinerja  pelayanan pegawai BPS Kabupaten Buton. Hal ini menunjukan pengaruh yang kuat dan signifikan, hubungan yang positif antara kinerja dan kepuasan pengguna data di BPS Kabupaten Buton.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Saleh, A,R. (2008). Psikologi: Suatu pengantar dalam perspektif Islam. Kencana, Prenada Media Group, Jakarta.

Aditama,P,B & Widowati, N.(2017). Analisis Kinerja Organisasi pada Kantor Kecamatan Blora. Journal of Public Policy and Management Review. 6(2)

Anggorowati, Y, Jubaedah, E, & Susanto, S. (2018). Implikasi Kualitas Pelayanan Dan Produk Di Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmu Administrasi (JIA). Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi, 16(1): 33-50

Arnold, Eric J., et all. 2002. Consumer. Mc. Graw-Hill, New York.

Bitner, M. J. & Zeithaml, V. A., (2003), Service Marketing (3rd ed.). New Delhi: McGraw. Hill.

BPS. (2012). Analisis Survei Kepuasan Konsumen Badan Pusat Statistik, RI. Badan Pusat Statistik, Jakarta-Indonesia. Bps.go.id.

BPS Kab.Buton. (2020). Laporan Kinerja BPS Kabupaten Buton Tahun 2020. Buton: BPS Kab.Buton. https://butonkab.bps.go.id/backend/fileMenu/Laporan-Kinerja-BPS-Kabupaten-Buton.pdf

Cresswell, J,W. (2012). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan mixed. (Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

David, Mark M & Heineke, Janelle. (2003). Managing services: using technology to create value. Mc. Graw Hill Companies, New York.,

Febrianto, E. (2004). Analisis Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Dalam Melaporkan SPP di KPP Jayapura (tesis tidak diterbitkan). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Gaspers, V. (2008). Total Quality Management. Jakarta: Gramedia.

Handoko T. H, dan Reksohadiprodjo. (2000). Organisasi Perusahaan Teori:Struktur dan Perilaku, BPFE, Yogyakarta.

Haryono, B. (2013). How to Manage Costumer Voice. Yogyakarta: ANDI.

Hadian, F. Pengaruh Pelaksanaan Program Layanan Statistik terhadap Kinerja Pelayanan Data dalam Mewujudkan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Publik, 11(2): 229-238

Kotler, P., dan Keller, K.L. (2016). Marketing Managemen. 15th edition. London: Pearson Education.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. 2000. Prinsip-prinsip pemasaran (Diterjemahkan oleh Sihombing). Edisi ke delapan. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Lenvine, C (1990), Public Administration Chalenges, Choices, Consequences, IILionis Scot Fpreman

Leon G. Schiffman & Leslie Lazar Kanuk. 2007. Consumer behavior. Pearson Education International, New Jersey.

Lebas, M., & Euske, K.A (2004).A conceptual and operational delineation of performance. In Neely, A (Eds.) Business performance measurement. Hal. 65-79.

Mowen, John C. dan Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen (jilid 2). Erlangga, Jakarta.

Moeheriono. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja. Grafindo Persada

Nugroho, S,P & Syamsudin. (2016). Pengukuran Indeks Kepuasan Pengguna Data Terhadap Pelayanan pada Badan Pusat Statistic Kota Surakarta. BENEFIT Jurnal Managemen dan Bisnis, 1(1): 57-69.

Parasuraman, A,Valerie 2001 Delivering Quality Service. New York: The Free Press

Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Rangkuti, F. (2002). Measuring customer satisfaction. (Teknik mengukur dan strategi meningkatkan kepuasan pelanggan plus analisis kasus PLN-JP). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Schermerhorn, Jr, John R. (2003). Manajemen Edisi Bahasa Indonesia, Andi, Yogyakarta.

Sinambela, L, P. (2012). Kinerja Pegawai; Teori, Pengukuran dan. Implikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Stewart, John. 1988. Understanding The Management of Local Government. London.

Sugiyono.(2012).Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta

Tangkilisan, H, N, S. (2005). Manajemen Publik. Jakarta: Gramedia Widia.

Tjiptono, Fandy. (2006). Kepuasan Konsumen Pada Kualitas Jasa. Erlangga, Yogyakarta.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2009). Services Marketing Integrating Customer Focus across the Firm (5th ed.). Singapore McGraw-Hill and Irwin.

Downloads

Published

2024-12-01