Upaya Pemerintah dalam Pengembangan Pariwisata di Kota Baubau

Authors

  • La Ode Syaiful Islamy Hisanuddin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Wa Ode Arsyiah Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Laode Muhammad Arsal Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Zulfan Jamal Akbar Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/administratio.v13i3.1743

Keywords:

upaya pemerintah, pariwisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskrisikan Upaya Pemerintah Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kota Baubau. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yaitu menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan Upaya Pemerintah Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kota Baubau yaitu 1) melakukan perencanaan, pariwisata harus melihat potensi yang ada dalam pariwisata. Dalam melakukan perencanaan harus melibatkan semua unsur dari unsur pemerintah, swasta atau LSM maupun unsur masyarakat. Dinas pariwisata berencana membangun SDM Pariwisata dengan melakukan pelatihan-pelatihan dilingkup kampus bagi mahasiswa agar mengenal potensi-potensi pariwisata Kota Baubau 2) Penetapan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah melalui dinas pariwisata telah merancang “Dokumen Revisi Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPARDA) Kota Baubau. 3) Sosialisasi terhadap pengembangan pariwisata kota Baubau sekaligus mengedukasi dengan mengadakan pelatihan Pariwisataan. 4) Pemasaran Objek Wisata cara yang dianggap mampu menarik perhatian wisatawan dengan melakukan promosikan melalui media sosial karena dijaman sekarang ini masyarakat atau wisatawan tidak terlepas dari media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arfianti Nur Sa’idah. 2017. Analisis Strategi Pengembangan Pariwisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandar Lampung (Studi Pada Dinas Pariwisata Kota Bandar Lampung)

Abdulsyani. 2002. Sosiologi Skematika : Teori dan Terapan. Jakarta. PT Bumi Aksara

Azwar Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Barney, Jay B. 2007. Gaining and Sustaining Competitive Advantage. Thirdedition. Pearson Prentice & Hall

Bambang Sunaryo. 2013. Destinasi Pariwisata : Konsep dan Aplikasi di Indonesia. Gava Media

Burhan Bungin. 2002. Analisa Data Penelitian Kualitatif : Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Grant, R.M. 2008. Contemporary Strategy Analysis (6th ed). Blackwell Publishing

Gamal Suwantoro. 2004. Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta : ANDI

Hadari Nawawi. 2005. Manajemen Strategik. Yogyakarta : Gajah Mada. University Press

Hunger, J David dan Wheelen, Thomas L. 2003. Manajemen Strategis. Yogyakarta : Penerbit Andi

Hessel Nogi S. Tangkilisan. 2007. Manajemen Publik. Jakarta : Grasindo

Herlina Rahman. 2005. Pendapatan Asli Daerah. Jakarta : Arifgosita

I Ketut Suwena dan I Gusti Ngurah Widyatmaja. 2017. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Bali : Udayana University Press

I Gede Pitana dan I Ketut Surya Diarta. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta : ANDI

Inu Kencana Syafii. 2012. Ilmu Administrasi Publik. Jakarta : Rineka Cipta

I Gede Pitana dan Putu Gede Gayatri. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta : Andi

James J Spillane. 2006. Ekonomi Pariwisata Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta : Kanisius

Koentjaraningrat. 1996. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Koiman, J. 2009. Modern Governance : New Government-Society Interactions. SAGE

M Liga Suryadana dan Vanny Octavia. 2015. Pengantar Pemasaran Pariwisata. Bandung : Alfabeta

Mudrajat Kuncoro. 2005. Strategi Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif?. Jakarta : Erlangga

Mustika Diah Pitaloka. 2019. Strategi Pengembangan Sektor Pariwisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Era Millenial (Studi Kasus Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tulungagung)

Nining Yuningsih. 2015. Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Melalui Pengembangan Potensi Objek Wisata Pantai Pangandaran di Kabupaten Ciamis Jawa Barat. Semarang: Universitas Negeri Semarang. (On-Line). tersediadi : http://lib.unnes.ac.id/51311174/.pdf

Oka A Yoeti. 1996. Pemasaran Pariwisata Terpadu. Jakarta : Angkasa Bandung

Priyo Hari Adi. 2006. Hubungan antara Pertumbuhan Ekonomi Daerah, Belanja Pembangunan dan Pendapatan Asli Daerah (Studi pada Kabupaten dan Kota se Jawa-Bali). SNA XI Padang

RIPPARDA, Kota Baubau. 2020. “Dokumen Revisi Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPARDA) Kota Baubau.”

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

S. Nyoman Pendit. 2006. Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta : Pradnya Paramita

Sarundanjang. 1999. Arus Balik Kekuasaan Pusat ke Daerah. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah

Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Daerah

Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2000 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

Wiratna Sujarweni. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru. Press

Warsito. 2001. Hukum Pajak. Jakarta : PT Rajawali Grafindo Persada

Downloads

Published

2024-12-01