Pengaruh Motivasi Dan Fasilitas Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Bagian Umum Dan Protokol Setda Kota Baubau

Authors

  • Erma Fitriah Zikir Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Gunawan Gunawan Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Sulhan Manaf Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/administratio.v11i1.740

Keywords:

Motivasi, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi dan fasilitas terhadap kualitas pelayanan pada bagian umum dan protokoler Setda Kota Baubau. Penelitian ini dilakukan di Kota Baubau. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif serta menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pegawai pada Bagian Umum dan Protokoler Setda Kota Baubau. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei dan metode observasi. Alat analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil perhitungan regresi berganda dengan persamaan  Y = - 789 + 0,287 X1 + 0,727 X2 diketahui bahwa nilai koefisien regeresi dari variabel Motivasi sebesar 0,287 dan Fasilitas sebesar 0,727, bernilai positif, artinya terjadi hubungan yang searah antara Motivasi dan Fasilitas terhadap Kualitas Pelayanan pada Bagian Umum dan Protokoler Sekretariat Daerah Kota Baubau. Nilai koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,963 menunjukkan ada hubungan yang sangat kuat antara Motivasi dan Fasilitas terhadap Kualitas Pelayanan pada Bagian Umum dan Protokoler Sekretariat Daerah Kota Baubau. Sedangkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,927 yang artinya kontribusi atau sumbangan variabel Motivasi dan Fasilitas terhadap naik turunnya Kualitas Pelayanan pada Bagian Umum dan Protokoler Sekretariat Daerah Kota Baubau adalah sebesar 92,7% sisanya 7,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini, misalnya faktor situasi dan faktor individu. Dengan demikian Motivasi dan berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan pada Bagian Umum dan Protokoler Sekretariat Daerah Kota Baubau. Artinya semakin baik Motivasi dan Fasilitas yang diberikan maka akan semakin meningkat pula Kualitas Pelayanan. Hal ini dibuktikan dengan nilai tingkat signifikansi uji F dan uji t yang lebih kecil dari taraf nyata (5%). Hasil analisis uji F dan uji t menunjukkan bahwa secara bersama-sama atau simultan dan parsial variabel Motivasi dan Fasilitas berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan pada Bagian Umum dan Protokoler Sekretariat Daerah Kota Baubau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Muhammad. 1984. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnawi, Sahlan. 2002. Teori Motivasi; Dalam Pendekatan Psikologi Industri dan Organisasi. Jakarta: Studia Press.

Bernardine, John H., and Joyce E.A. Russel. 1993. Human Resources Management : an Experiental Approach. New York:Me Graw-Hill Inc.

Gibson,James L. 1994. Organisasi dan Manajemen Perilaku, Stuktur, Proses. Terjemahan Djoerban Wahid, S.H. Jakarta: Erlangga.

Gomes, Faustino Cardoso, 1995, Manajemen Sumber Daya Manusia, Andi Offset, Yogyakarta.

Hasibuan, S.P. Malayu. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara. Heidjrachman, dan Suad Husnan. 1990. Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE.

Lateiner, R. Alfred. 1980. Tehnik Memimpin Pegawai dan Pekerja.Terjemahan Imam Soejono. Jakarta: Aksara Baru.

Lukman Sampara. 1999. Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta : STIA-LAN Press Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik, MaUPP, Akademi Manajemen Perusahaan YKPN, Yogyakarta.

Moekijat. 1989. Manajemen Kepegawaian. Bandung: Mandar Maju.

Prijodarminto, Soegeng. 1994. Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: Pradnya Paramita.

Siagian, Sondang P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara. Siswanto, Bedjo. 1990. Manajemen Modern. Bandung: Sinar Baru.

------------------. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Steers, M.Richard.1980.Efektivitas Organisasi kaidah Tingkah Laku. Terjemahan Dra. Magdalena Jamin. Jakarta: Ghalia.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Bandung:Tarsito.

Sudarmanto., 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sugiono, 1997. Metode Penelitian Administrasi. Bandung. Alfabeta.

Suradinata, Ermaya. 1997. Pemimpin dan Kepemimpinan Pemerintah Pendekatan Budaya, Moral, dan Etika. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sutarto. 1987. Dasar-dasar Organisasi. Jakarta: Gajah Mada Universitas.

Downloads

Published

2022-04-01

Issue

Section

Articles