PENGARUH JARAK TEMPUH SISWA KE SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH SMP NEGERI 16 BUTON TENGAH

Authors

  • Wa Ode Eli Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

jarak, Prestasi Belajar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1. Seberapa Besar penguruh jarak tempuh siswa kesekolah terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) N. 16 Buton Tengah dan 2. Berapa besar hubungan Jarak yang ditempuh siswa ke sekolahnya terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah menengah pertama (SMP) N. 16 Buton Tengah. Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Jarak tempuh siswa ke sekolah terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah menengah pertama (SMP) Negeri 16 Buton Tengah 2. Untuk mengetahui seberapa besar hubungan jarak tempuh siswa ke sekolah terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Neg. 16 Buton Tengah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey. Populasinya pada penelitian ini yaitu keseluruhan siswa yang berjumlah 121 murid. Jumlah sampel yang diambil berjumlah 31 siswa. teknik pengumpulan datanya adalah menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dan analisis korelasi sederhana. Hasil penetian dapat dijelaskan bahwa, 1) berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana di peroleh persamaan pengaruh Jarak Tempuh Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 16 Buton Tengah yaitu 2) Berdasarkan hasil perhitungan rumus korelasi sederhana, terdapat hasil hubungan Jarak Tempuh Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah SMP Negeri  16 Buton Tengah. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai  = 0,176. Hal ini menunjukan bahwa pengaruh positif dalam jarak tempuh siswa terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,176. 3) Besarnya kontribusi hubungan Jarak Tempuh Siwa Terhadap Prestasi Belajar Siswa ditunjukan dengan hasil koefisien determinasi (penentu) sebesar 3%. Hasil menunjukan bahwa  prestasi belajar siswa sebesar 3% di pengaruhi oleh jarak tempuh dan sisanya sebesar 97% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang belum diteliti pada penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chandra, A. (2015). Estimasi Jarak Tempuh Order Picking System-Low Level to Part di PT. GMS. Jurnal Metris, 16 (2015).

Depdikbud, 2003.Undang-undang RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Semarang. Aneka Ilmu

Hamalik, Oemar. 2001. proses belajar mengajar berdasarkan CBSA. Bandung Seminar Baru Algesindo.

Jannah, M. 2012. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengetahuan, Jarak Tempat Tinggal dan Sikap Terhadap Pelayanan Petugas di kabupaten Lamongan.

Kusumastuti, Nanda Ayu 2012. Pengaruh Faktor Jumlah Tanggungan Keluarga, Pendapatan, Dan Jarak Tempuh Ke Tempat Kerja terhadap Produktivitas Kerja Pedagang Sayur. Studi kasus di pasar Umum Purwodadi.

Ludyaningrum RM. Perilaku Berkendara dan Jarak Tempuh dengan Kejadian ISPA pada Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Berkala Epidemiologi, September 2016; 4 (3): 371-383.

Poerdarminta WJS. 1990. Kamus Bahasa Indonesi, PN. Jakarta: Balai Pustaka

Pusat Bahasa Departemen Nasional. (2007). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Slameto, 2003.Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya.Jarkarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2005.Statistik untuk penelitian. Bandung: CV Alfabert

Sugiyono. (2012). Metodo penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syaiful Bahri Djamarah, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional, 1996.

Widyawati, Retno Febriyanti, 2013. Pengaruh Umur, Jumlah Tanggungan Keluarga, Luas Lahan, Pendidikan, Jarak Tempat Tinggal Pekerja, dan Keuntungan Terhadap Produktivitas Kerja Tani Sektor Pertanian Di Desa Tajuk. Getasan, Kab.Semarang.

Akbar, Faisal. 2008. Pengaruh Jarak Tempat Tinggal Terhadap Prestasi Belajar.(Artikel Online).Http://blog-proposal.blogspot.com/2008/11/pengaruh-jarak-tempat-tinggal-terhadap-16.html. diunduh Tanggal 24 februari 2021 jam 17.15.

Sudjana, 1996.Metode Statistika. Bandung penerbit Taristo. Http://iftitahprimasanti.blogspot.com.diunduh Tanggal 26 februari 2021 jam 10.30.

Downloads

Published

2021-11-15