https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/ekonomi/issue/feed Jurnal Akademik Pendidikan Ekonomi 2024-06-05T17:21:54+08:00 Admin LPPM lppm.und@gmail.com Open Journal Systems https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/1538 PENGARUH HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEMBAKO DI TOKO BILLAH PASAR KARYA NUGRAHA KOTA BAUBAU 2024-06-04T20:19:15+08:00 Murniati ratumurnijamilah@gmail.com Muhammad Hakim muhammadhakimpribadimhp@gmail.com <p>Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Sembako Di Toko Billah Pasar Karya Nugraha Kota Baubau?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Sembako Di Toko Billah Pasar Karya Nugraha Kota Baubau.</p> <p>Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang pernah membeli minimal dua kali pembelian. Sampel diambil menggunakan accidental sampling dari teknik nonprobability sampling dengan jumlah 43 pembeli. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket/kuesioner dan observasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, regresi linear sederhana, uji (t) dan uji determinasi sederhana.</p> <p>Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa Dari hasil koefisien regresi bernilai signifikan, maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa harga</p> <p>(X) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Artinya jika variabel harga meningkat, maka variabel keputusan pembelian juga meningkat. Berdasarkan dari hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga didapat nilai signifikan 0,000&lt;0,005. Artinya bahwa variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Billah. Berdasarkan hasil nilai koefisien determinasi yang merupakan hasil dari R square yaitu sebesar 31% dan sisanya 69% yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini</p> 2024-06-04T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Akademik Pendidikan Ekonomi https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/1534 PENGARUH MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS XI DI SMK 3 BAUBAU 2024-05-30T16:23:33+08:00 Hamsinah Tahir hamsinahtahir@unidayan.ac.id haru bali harubali@unidayan.ac.id <p>Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Baubau. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Baubau.</p> <p>Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 60 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jumlah 60 siswa. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket/kuesioner dan observasi. Teknis analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reabilitas, regresi linear sederhana, uji (t) dan uji determinasi sederhana.</p> <p>Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha di SMK Negeri 3 Baubau sebesar 70,8%. Hal ini ditunjukan melalui persamaan regresi Y=16,311+0,728X. Bentuk regresi ini bermakna jika mata pelajaran kewirausahaan bernilai 0 maka minat sebesar 0,728. Sementara, koefisien regresi X sebesar 0,728 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 nilai , maka nilai pengaruh pembelajaran bertambah sebesar 0,728. Sementara, nilai koefisieun korelasi r2 = 0,708 serta nilai koefisien determinasi r2 =0,708 atau 70,8%. Kaitannya dengan keputusan minat berwirausaha memiliki 29,2% faktor lain yang mempengaruhi minat berwirausaha seperti: lingkungan keluarga, penghasilan yang menejanjikan, dan kreativitas</p> 2024-05-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Akademik Pendidikan Ekonomi https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/1546 TINJAUAN PENDAPATAN PEDAGANG SAYUR DI PASAR KARYA NUGRAHA KOTA BAUBAU 2024-06-05T17:21:54+08:00 Laode Ramlan laoderamlan@unidayan.ac.id Jamal Adri jamaladri@unidayan.ac.id citra krinawati citrakrinawati@gmail.com <p>Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pendapatan pedagang sayur di pasar Karya Nugraha Kota Baubau.?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pendapatan pedagang sayur di pasar Karya Nugraha Kota Baubau. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yaitu dengan pendekatan analisis deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini pedagang sayur di pasar Karya Nugraha Kota Baubau. Sampel diambil menggunakan accidental sampling dari teknik nonprobability sampling dengan jumlah 31 pembeli. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket/kuesioner dan wawancara. Teknis analisis data yang digunakan yaitu NI = TR – TC / hasil pendapatan bersih yaitu total penerimaan (TR) dikurangi dengan total biaya (TC). Berdasarkan hasil penelitian pendapatan pedagang sayur di Pasar Karya Nugraha Kota Bau-bau dalam per hari yang merupakan hasil keseluruhan dari 31 informan. Dimana total penerimaan /pendapatan kotor (TR) dalam per hari sebesar Rp. 44,800,700 dikurangi biaya pengeluaran (TC) yang dikeluarkan dalam perhari sebesar Rp. 24,374,000 sehingga menghasilkan pendapatan bersih dalam perhari sebesar Rp. 20,426,700. Dari hasil penelitian dilihat dari hasil rata-rata pendapatan pedagang sayur di pasar karya nugraha Kota Bau-bau, total penerimaan (TR) dalam hari rata-rata Rp. 1,445,183, biaya pengeluaran (TC) dalam perbulan dengan rata-rata Rp. 786,258, sedangkan pendapatan bersih (NI) dalam hari dengan rata-rata Rp. 658,925.</p> 2024-06-05T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Akademik Pendidikan Ekonomi https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/1535 PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 WAKORUMBA SELATAN DI KABUPATEN MUNA 2024-05-30T16:37:28+08:00 Wa Ode Eli waodeeli@unidayan.ac.id azan azanbaubau12@gmail.com yanto badje yantobadje@unidayan.ac.id <p>Tujuan dari peneliatian ini adalah untuk mengetahui (1)Pengaruh antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan (2) Pengaruh antara lingkungan belajar dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan (3) Pengaruh antara motivasi dan lingkungan terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan. (4) Hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII&nbsp; di SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan. (5) Hubungan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan.(6) Hubungan antara motivasi belajar dan lingkungan dengan hasil belajar IPS pada siswa kelas VII&nbsp; di SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan.</p> <p>Adapun variabel dalam penelitian ini adalah motivasi (X1), lingkungan (X2) dan satu variabel terikat yakni hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosail (IPS) siswa (Y), karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, dan lingkungan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 68 siswa. Karena populasinya kurang dari 100 orang, maka populasi sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian&nbsp;ini yaitu angket dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan <em>Program IBM SPSS Statistics for 26</em></p> <p>Dari hasil analisis dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Persamaan regresi linear berganda motivasi (X<sub>1</sub>) dan lingkungan (X<sub>2</sub>) terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas VII &nbsp;SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan <strong><sub>&nbsp;</sub></strong>merupakan model regresi yang signifikan = 0,000 &lt; = 0,05 sedangkan persamaan regresi linear gandanya adalah: &nbsp;= 35,325+0,751+0,157. (2) Hasil uji keberartian regresi menunjukan bahwa F hitung sebesar 156.686 dan signifikan pada taraf signifikansi 0,000 karena signifikan pada α = 0,000 &lt; 0,05, dengan dk = 38, sehingga secara bersama-sama dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi ganda &nbsp;= 35,325+0,751+0,157 signifikan, berarti ada pengaruh yang signifikan antara motivasi (<em>X</em><sub>1</sub>) dan lingkungan (<em>X</em><sub>2</sub>)&nbsp; terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas VII &nbsp;SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan (Y) <strong><sub>. </sub></strong>(3) Besarnya koefisien korelasi ganda yang mengatakan tingkat keeratan pengaruh motivasi (<em>X</em><sub>1</sub>) dan lingkungan (<em>X</em><sub>2</sub>) terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas VII &nbsp;SMP Negeri 1 Wakorumba Selatan &nbsp;sebesar 0,944 dengan koefisien determinasi (r<sup>2</sup>) sebesar 0,892. Hal ini berarti bahwa 89,2 % keberagaman hasil belajar siswa ditentukan oleh motivasi dan lingkungan serta selebihnya 10,8 % ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti.</p> 2024-05-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Akademik Pendidikan Ekonomi https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/1533 FAKTOR PENYEBAB ANAK PUTUS SEKOLAH PADA MASYARAKAT SUKU BAJO DESA LAMANGGAU KECAMATAN TOMIA KABUPATEN WAKATOBI 2024-05-30T16:16:55+08:00 Jamal Adri jamaladri@unidayan.ac.id la sariade lasariade@unidayan.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana respon masyarakat bajo terhadap pendidikan di Desa Lamanggau Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi dan untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat bajo terhadap dunia pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode depskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara Reduksi data, Penyajian data dan Penarikan Kesimpulan.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara argumentasi mayoritas masyarakat bajo merespon baik pendidikan, Namun dengan rendahnya pendapatan dan pengaruh pergaulan sehingga mempengaruhi angka partisipasi anak-anak masyarakat bajo dalam dunia pendidikan, tentu berbanding terbalik dengan pandangannya terhadap dunia pendidikan yang menganggap pendidikan itu penting bagi anak-anak. Namun secara aktualisasinya masih jauh dari harapan.</p> 2024-05-30T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Akademik Pendidikan Ekonomi