PENERAPAN ENRICHMENT MODEL RENZULLI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KREATIFITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA NEGERI 14 BOMBANA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Authors

  • Alfan Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v10i2.1056

Keywords:

Enrichment model Renzulli, kreatifitas siswa

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Enrichment model Renzulli sebagai upaya meningkatkan kreatifitas belajar sejarah siswa SMA Negeri 14 Bombana tahun pelajaran 2020/2021. Dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi sedangkan Teknik analisis datanya adalah refleksi, papan data dan penarikan kesimpulan. Penerapan enrichment model renzulli merupakan salah satu model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk kreatif sehingga metode penelitian ini dapat meningkatkan kreatifitas siswa dalam pembelajaran khususnya sejarah.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Enrichment model renzulli dapat meningkatkan kreatifitas siswa kelas XI IIS di SMA Negeri 14 Bombana semester genap tahun pelajaran 2020/2021 pada mata pelajaran sejarah. Hal ini ditandai dengan adanya peningkatan kreativitas siswa dengan indikator sebagai berikut: (1) memiliki rasa ingin tahu yang besar, (2) sering mengajukan pertanyaan yang berbobot, (3) memberikan banyak gagasan atau usulan terhadap suatu permasalahan, (4) mengemukakan pendapat secara spontan dan tidak malu-malu, (5) dapat bekerja sendiri, (6) senang mencoba hal-hal baru. Serta meningkatnya presentase kreativitas dimana pada siklus I memiliki kategori Kurang Kreatif sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan kategori cukup kreatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. A. Surya, “Penerapan Remedial dan Enrichment Model Renzulli untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik SMK Negeri 1 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015,” 2015.

P. S. Monty and E. W. Fidelis, “Mendidik kecerdasan,” Jakarta Pustaka Pop. Obor, 2003.

U. Munandar, “Mengembangkan insiatif dan kreativitas anak,” Psikologika J. Pemikir. Dan Penelit. Psikol., vol. 2, no. 2, pp. 31–42, 1997.

T. Saripah Ilma, E. Gusmira, and L. Muliawati, “Pengaruh Metode Pembelajaran Enrichment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Kota Jambi.” UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi, 2020.

N. R. Syofiyawati and M. Yusuf, “Penggunaan Preferensi Gaya Belajar Rogers Untuk Mengenali Gaya Belajar Siswa Berbakat Di Kelas Akselerasi SMA Negeri 3 Surakarta,” J. Profesi Kegur., vol. 3, no. 1, pp. 35–42, 2017.

Downloads

Published

2022-05-31 — Updated on 2023-03-04

Versions

Issue

Section

Articles