Meningkatkan Pengelolaan Ujian Tingkat SMA/SMK dengan Menggunakan Aplikasi Annash21

Authors

  • Rasmuin Rasmuin Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rahmatia Rahmatia Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Dian Lestari Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Azis Azis Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Sardiana Sardiana Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Maya Nurlita Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Nining Syafitri Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/kambampu.v1i1.1202

Keywords:

pengelolaan ujian, SMA/SMK, aplikasi Annash21

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada guru SMK Negeri 3 Baubau untuk melakukan analisis data berupa 1) Kualitas instrumen (Tes), baik aspek teoretis, terutama aspek empirisnya, 2) proses pengukuran, dan 3) Pelaporan hasil Ujian yang saling terkoneksi. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan ini adalah melaksanakan sosialisasi penggunaan aplikasi AnNASH21 berbasis excell. Pada akhir pelaksanaan sosialisasi, peserta diberi kesempatan untuk mengisi angket respon terhadap aplikasi AnNASH21 ini. Angket respon ini berisi 25 butir pernyataan yang meliputi aspek (1) kelayakan isi (2) kebahasaan, (3) sajian, dan (4) manfaat. Pengambilan data dilakukan dengan menentukan pengukuran item yang terdiri dari lima alternatif jawaban, yang memiliki gradasiĀ  positif atau negative. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah: pada aspek kelayakan isi, 91,5 % peserta menyatakan bahwa aplikasi ini sangat layak dan layak untuk digunakan. Pada aspek kebahasaan, 88,6 % peserta menyatakan bahwa bahasa yang digunakan dalam penyusunan aplikasi sangat baik dan baik. Pada aspek sajian, 84,3 % peserta sosialisasi menyatakan sangat layak dan layak, sehingga disimpulkan bahwa aplikasi ini menyajikan sesuatu yang menarik dalam melakukan melaksanakan analisis naskah soal. Pada aspek manfaat, 100 % peserta sosialisasi menyatakan bahwa aplikasi isi sangat bermanfaat dalam melaksanakan analisis naskah soal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gronlund, N.E. (1982). Constructing achievement test. Englewood Cliffs, N.J.:: Prentice Hall.

Setyawarno, Didik. Analisis Butir Soal dengan Iteman 4.3. Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Iteman Software (1993). Assessment Systems Corporation, 2233 University Avenue, Suite 400, St Paul, Minesota 55114, United States of America

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 (2003). Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia. Jakarta

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles