Pembelajaran Edukasi “Mari Belajar Bahasa Inggris” untuk Pelajar Tingkat SMP di Kelurahan Baadia

Authors

  • Nety Nety Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rizal Arisman Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Baharudin Adu Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Nanda Nur Syafiqa Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Angga Yudha Kurniawan Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/kambampu.v1i1.1207

Keywords:

bahasa inggris, pelajar SMP

Abstract

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk mengenalkan anak pentingnya belajar Bahasa Inggris, meningkatkan minat anak dalam belajar Bahasa Inggris, membantu menfasilitasi anak-anak usia sekolah belajar bahasa Inggris secara gratis, khususnya anak-anak dari keluarga menengah ke bawah, mengurangi pengaruh penggunaan gadget di kalangan anak sekolah, dan meningkatkan mutu pendidikan. Metode diterapkan dalam kegiatan pengabdian ini adalah ceramah dan metode belajar individu dan kelompok yakni belajar mandiri dan diskusi kelompok, dimana dalam pelaksanaannya, akan dilakukan kegiatan sosialisasi terlebih dahulu dan selanjutnya pembelajaran. Kegiatan pengajaran dilakukan melalui kegiatan belajar mandiri dengan memberikan kesempatan kepada setiap anak untuk berbicara atau menjawab pertanyaan yang diberikan. Sedangkan metode kelompok dilakukan melalui diskusi bersama. Hasil dari kegiatan pengabdian ini dapat dilihat pada beberapa komentar yang diperoleh melalui wawancara kepada para orang tua yang anaknya mengikuti kegiatan pengabdian ini dimana mereka sangat senang dan bersyukur karena anak-anak mereka tidak harus mengeluarkan biaya untuk belajar Bahasa Inggris mengingat biaya untuk mengikuti tambahan belajar atau kursus Bahasa Inggris saat ini yang cukup tinggi. Kegiatan ini juga dipandang bisa mengurangi tingkat penggunaan gadget pada anak-anak mereka. Hal ini semakin mendorong penulis untuk berupaya lebih maksimal agar kegiatan pengabdian ini tidak hanya berlangsung selama 3 bulan akan tetapi dapat berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Maduwu, B. (2016). Pentingnya pembelajaran bahasa Inggris di sekolah. Warta Dharmawangsa, 50.

Putranti, B. E., & Ambawani, S. (2019). Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Sekolah Dasar Di Lingkungan Rt 37 Rw 13 Kelurahan Giwangan Kecamatan Umbulharjo. DHARMA BAKTI, 177–183.

Rohana, R. (2018). Method Improving Reading Comprehension In Primary Education Program Students. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf, 954(012027), 1–8.

Saputri, O. D., & Rahmawati, R. (2019). Peran Guru dalam Memberikan Pelajaran Tambahan (Les) bagi Peserta Didik di Luar Jam Pelajaran Sekolah sebagai Wujud Implementasi Pengabdian Kepada Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Tomlinson, B. (2005). Englih as a Foreign Language. Eli Hinnkell “Handbook of Research in Second Language Teaching and Learning”. London: Lawrenc Elrbaum Associate, Publisher.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles