Melek Media di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.55340/kambampu.v3i1.1791Keywords:
generasi emas, pendidikan, literasi digital, era digitalAbstract
Di era digital ini, segala informasi yang berada di kehidupan kita telah menjadi suatu hal yang dapat diakses di mana dan kapan saja sehingga menimbulkan banjir informasi dan maraknya berita palsu. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan meningkatkan literasi media digital siswa SMKN 4 Buton dalam menghadapi tantangan era informasi. Metode yang digunakan adalah penyampaian materi melalui presentasi power point interaktif, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab untuk mendiskusikan strategi mengakses, menganalisis, dan menciptakan konten media secara bertanggung jawab. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta tentang pentingnya verifikasi informasi dan keterampilan berpikir kritis, serta antusiasme tinggi dalam sesi diskusi. Kesimpulannya, melek media digital adalah keterampilan hidup esensial yang perlu terus dikembangkan melalui pendidikan dan kolaborasi multipihak. Kegiatan ini menjadi langkah awal membekali siswa dengan kemampuan literasi media yang relevan di era digital.
Downloads
References
Buckingham, D. (2019). The Media Education Manifesto. Polity Press.
Eshet-Alkalai, Y. (2012). Thinking in the Digital Era: A Revised Model for Digital Literacy. Issues in Informing Science and Information Technology, 9(2), 267–276.
Frau-Meigs, D., Velez, I., & Flores, J. (2017). No TitlePublic Policies in Media and Information Literacy in Europe: Cross-Country Comparisons. Routledge.
Hobbs, R. (2017). Create to Learn: Introduction to Digital Literacy. Wiley.
Jenkins, H., Clinton, K., Purushotma, R., Robison, A. J., & Weigel, M. (2018). Confronting the Challenges of Participatory Culture: Media Education for the 21st Century. MIT Press.
Livingstone, S. (2018). Media literacy and the challenge of new information and communication technologies. The Communication Review, 7(1), 3–14.
Martens, H., & Hobbs, R. (2015). How Media Literacy Supports Civic Engagement in a Digital Age. Atlantic Journal of Communication, 23(2), 120–137.
Mihailidis, P. (2018). Civic Media Literacies: Re-Imagining Engagement for Civic Intentionality. Learning, Media and Technology, 43(2), 152–164.
Nasrullah, R., Aditya, W., & Satrio, A. (2017). Literasi Media Digital pada Generasi Milenial di Indonesia. Jurnal Komunikasi, 12(2), 167–182.
Pangrazio, L. (2019). Young People’s Literacies in the Digital Age: Continuities, Conflicts and Contradictions. Routledge.
Potter, W. J. (2018). Media Literacy (9th ed.). SAGE Publications.
Rheingold, H. (2019). Net Smart: How to Thrive Online. MIT Press.
Selwyn, N. (2018). Digital Technology and the Contemporary University: Degrees of Digitization. Routledge.
Vraga, E. K., & Tully, M. (2019). Media Literacy Messages and Hostile Media Perceptions: Processing of Non-Persuasive Content. Journal of Media Literacy Education, 11(1), 1–12.
Wijaya, S., & Heeks, R. (2018). Digital Divide in Indonesia: A Spatial Analysis. Information Development, 34(4), 382–396.
Wineburg, S., & McGrew, S. (2019). Lateral Reading: Reading Less and Learning More When Evaluating Digital Information. Stanford History Education Group.