PENGARUH KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BANDAR UDARA BETOAMBARI BAUBAU

Authors

  • Estiani Estiani Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Sarman Sarman Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/galangi.v1i1.1317

Keywords:

Kompensasi, Lingkungan Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompensasi, lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Bandar Udara Betoambari Baubau. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu sebanyak 31 responden. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi, wawancara dan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Variabel-variabel yang dianalisis dalam penelitian ini adalah kompensasi, lingkungan kerja dan kinerja pegawai. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 1,133 + 1,038 X1 + 0,312 X2. Koefisien korelasi (R) sebesar 0,821 yang artinya terdapat hubungan yang sangat kuat antara kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Bandar Udara Betoambari Baubau. Koefisien determinasi R Square (R 2 ) = 0,674 artinya kontribusi atau sumbangan kompensasi dan lingkungan kerja terhadap naik turunnya kinerja pegawai adalah sebesar 67,4% dan sisanya sebesar 32,6% ditentukan oleh faktor individual meliputi kemampuan, latar belakang keluarga, pengalaman kerja dan tingkat sosial, faktor psikologis yang meliputi persepsi, peran atau sikap, kepribadian, motivasi dan lain-lainya dan kaktor organisasi dasar pekerjaan, kepemimpinan, sistem penghargaan (reward system) Berdasarkan hasil statistikUji t, untuk X1 atau variabel kompensasi sebesar 7,419 dengan tingkat signifikansi 0,000, yang berarti lebih kecil dari α = 0,05 yang artinya kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Bandar Udara Betoambari Baubau. Untuk X2 atau variabel lingkungan kerja sebesar 2,441 dengan tingkat signifikansi 0,021, yang berarti lebih kecil dari α = 0,05 yang artinya lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Bandar Udara Betoambari Baubau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar Prabu Mangkunegara. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Ari Asnawati. (2006). Analisis Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja Terhadap Kinerja Dengan Komitmen dan Kepuasan Kerja Sebagai Intervening Variabel”. Tesis Program Megister Manajemen. Universitas Diponegoro, Semarang.

Daft, R. (2002). Organization theory and design. Nelson Education. University Toronto: Canada.

Deflin Tresye Nanulaitta. (2018). Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan KSU Amboina Mekar di Kota Ambon. Jurnal Manajemen, Ide, Inspirasi (MINDS) Vol. 5, No. 2.

Dessler, Gary. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Prenhallindo

Gibson. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Keempat, Jakarta : Erlangga

Hameed. (2014). Impact of Compensation on Employee Performance (Empirical Evidence From Banking Sector Pakistan). International Journal of Business and Social Science Vol. 5 No. 2

Hendry Simamora, (2001), Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Ketiga, Jakarta : Salemba Empat.

Hendry Simamora, (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : YPN.

Husnawati, A, (2006). Analisis Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen dan Kepuasan Kerja Sebagai Intervening Variabel (Studi pada PERUM Pegadaian Kanwil VI Semarang). Tesis Program Studi Magister Manajemen: Universitas Diponegoro Semarang.

I Made Yusa Dharmawan. (2011). “Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Disiplin Kerja Dan Kinerja Karyawan Hotel Nikki Denpasar”. Tesis Program Pascasajana Universitas Udayana. Universitas Udayana, Denpasar.

Imam Ghozali. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Universitas Dipenogoro.. Kaswan. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Keunggulan Bersaing Organisasi. Yogyakarta : Garha Ilmu.

M. Harianto, M. Anang Firmansyah dan Rina Maretasari. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompensasi terhadap Kinerja pada Divisi Laboratorium PT. Wings Surya. Jurnal Balance, Vol. XV, No. 2.

Malayu S.P. Hasibuan. (2008). Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah, Jakarta : PT. Bumi Aksara. Malayu S.P. Hasibuan. (2009), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Bumi Aksara.

Mathis, L. Robert dan Jackson, Jhon. (2006). Human Resource Management, Jakarta : Salemba Empat.

Nitisemito, S. Alex. (2000). Manajemen Personalia: Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi ketiga. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Nizar Alam Hamdani dan Fatwa Otto Padilah. (2016). Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada CV. RGSB Berkah Jaya Garut. Jurnal Wacana Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Garut.

R. Gunawan Sudarmanto. (2005). Analisis Regresi Linear Ganda dengan SPSS. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Graham Ilmu.

Sedarmayanti, (2001), Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung : PT Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian bisnis. Bandung : CV. Alfabeta. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : CV. Alfabeta.

Syahriman Yusi dan Umiyati Idris. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kuantatif. Indonesia : Penerbit Citrabooks.

Wahyudin. (2006). “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Pelatihan, dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surakarta”. Program Pascasarjana. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Suarakarta.

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Articles