https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/issue/feed Jurnal Akademik Pendidikan Matematika 2025-11-27T12:36:55+08:00 Pendidikan Matematika pendidikanmatematika@unidayan.ac.id Open Journal Systems <p align="justify">Merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dayanu IKhsanuddin Baubau. Jurnal ini sebagai wahana informasi ilmiah bidang matematika, pendidikan matematika, dan pembelajarannya berupa hasil penelitian dan kajian pustaka. Lembaga Jurnal Akademik Pendidikan Matematika FKIP Unidayan terbit dua nomor dalam satu tahun (Mei dan November). Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, mahasiswa, maupun praktisi. Terbitan Pertama pada bulan Mei 2015.</p> https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1969 Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematich Project (MMP) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Fungsi pada Siswa SMP 2025-11-01T23:06:32+08:00 Rahmatia Rahmatia rahmati4@yahoo.co.id Azis Azis azis.nasam@upi.edu <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok fungsi siswa kelas VIII2 SMP Negeri 4 Mawasangka Kabupaten Buton Tengah melalui penerapan model pembelajaran MMP. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VIII2 SMP Negeri 4 Mawasangka yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran MMP pada materi pokok fungsi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes awal yang dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata yaitu 47,58 dan jumlah persentase siswa yang tuntas adalah 30%. Skor rata-rata hasil belajar matematika pada siklus I adalah 64,67 dan jumlah siswa yang memperoleh nilai tuntas sebesar 60% yang dikategorikan baik. Pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar matematika meningkat menjadi 74,67 dan jumlah yang siswa memperoleh nilai tuntas 86,67%. Di samping itu, data hasil observasi disetiap siklusnya menunjukkan adanya perubahan sikap ke arah yang lebih positif, baik dari segi sikap dalam belajar dan keaktifan mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah.</p> 2025-11-01T00:00:00+08:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Akademik Pendidikan Matematika https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1968 Pengaruh Pendekatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SD 2025-10-27T12:36:33+08:00 Anwar Anwar anwar@unidayan.ac.id Ernawati Jais ernawatijais@unidayan.ac.id Zaitun Zaitun zaitunempa@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe <em>Talking Stick</em> terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SD yakni kelas V SD Negeri 2 Bone-Bone. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Bone-Bone yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 38 siswa. Instrumen penelitian ini yaitu angket awal dan angket akhir. Data dianalisis dengan menggunakan uji beda rata-rata. Hasil penelitian menggunakan uji beda rata-rata diperoleh nilai t<sub>hitung</sub> sebesar 2,145 dengan nilai <em>sig. (2-tailed)</em> = 0,039 &lt; 0,05, sehingga H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1</sub> diterima. Dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Talking Stick</em> terhadap keaktifan belajar matematika siswa SD tepatnya di kelas V SD Negeri 2 Bone-Bone.</p> 2025-11-01T00:00:00+08:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Akademik Pendidikan Matematika https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1972 Pengaruh Gaya Belajar dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 18 Baubau 2025-11-05T20:05:25+08:00 Anwar Anwar tegaryaya2017@gmail.com Cindy Sripuja Jayanti Rizky Hakir cindysripujasuksesppgpns@gmail.com Artati Iriana artati.iriana83@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Baubau; 2) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Baubau; 3) untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa VII SMP Negeri 18 Baubau. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model penelitian korelasi <em>ex post facto</em>. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Baubau dengan sampel yang terdiri dari 5 kelas, yaitu kelas VII 1, VII 2, VII 3, VII 4, dan VII 5 sebanyak 217 siswa yang dipilih melalui teknik <em>Purposive Sampling</em> dimana setiap kelas diambil sebanyak 6 siswa yaitu, 2 siswa berdasarkan kategori yang meraih ranking tertinggi, 2 siswa berdasarkan kategori yang meraih ranking sedang, dan 2 siswa berdasarkan kategori yang meraih ranking terendah. Instrumen dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, statistik deskriptif, statistik inferensial dengan menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) ada pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Baubau dengan signifikansi variabel 0,000 &lt; 0,05; 2) tidak ada pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Baubau dengan signifikansi variabel 0,191 &gt; 0,05; 3) ada pengaruh gaya belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Baubau dengan signifikansi variabel 0,000 &lt; 0,05.</p> 2025-11-13T00:00:00+08:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Akademik Pendidikan Matematika https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1976 Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat dan Fungsi Kubik Kelas X SMA Negeri 1 Baubau 2025-11-10T09:51:50+08:00 Nasrullah Faturachmaddin nasrul123fatur@gmail.com Rasmuin Rasmuin rasmuin@unidayan.ac.id Dian Lestari dianlestari@unidayan.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan aplikasi terhadap sikap siswa kelas X SMA Negeri 1 Baubau pokok bahasan fungsi kuadrat dan fungsi kubik, untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan aplikasi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Baubau pokok bahasan fungsi kuadrat dan fungsi kubik, untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan aplikasi terhadap keterampilan siswa kelas X SMA Negeri 1 Baubau pokok bahasan fungsi kuadrat dan fungsi kubik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode<em> Experiment. </em>Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Baubau Tahun Ajaran 2024/2025 semester genap yang diambil 2 kelas yaitu kelas X.1 dan kelas X.2 yang berjumlah 55 orang sebagai sampel penelitian dengan menggunakan <em>Teknik Cluster Random Sampling.</em> Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes, dan lembar unjuk kerja. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan <em>Uji Independent Sample T-Test. </em>Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan nilai t<sub>hitung</sub> N-Gain sikap = 3,096 &gt; t<sub>tabel</sub> = 2,006, nilai t<sub>hitung</sub> N-Gain hasil belajar = 2,756 &gt; t<sub>tabel</sub> = 2,006, nilai t<sub>hitung</sub> N-Gain keterampilan = 4,142 &gt; t<sub>tabel</sub> = 2,006. Dengan demikian nilai t<sub>hitung</sub> &gt; t<sub>tabel</sub> maka H<sub>0</sub> ditolak. Selain itu, taraf signifikansi hasil analisis untuk N-Gain sikap sebesar 0,003 &lt; 0,05 , N-Gain hasil belajar sebesar 0,008 &lt; 0,05 , N-Gain keterampilan sebesar 0,000 &lt; 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan aplikasi geogebra terhadap sikap, hasil belajar, dan keterampilan siswa kelas X SMA Negeri 1 Baubau dalam pokok bahasan fungsi kuadrat dan fungsi kubik.</p> 2025-11-14T00:00:00+08:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Akademik Pendidikan Matematika https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1977 Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 62 Buton 2025-11-10T10:12:12+08:00 Wa Ulfa ulfasary134@gmail.com Ernawati Jais ernawatijais@unidayan.ac.id Dian Lestari dian7lestari@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas V SD Negeri 62 Buton. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 62 Buton, yang terdiri dari 17 siswa di kelas A dan 17 siswa di kelas B. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu sebanyak 34 siswa yang diambil menggunakan teknik convenience sampling. Instrumen dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, statistik inferensial dengan menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis memiliki pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas V SD Negeri 62 Buton. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis, bahwa koefisien regresi bertanda positif untuk variabel kemampuan komunikasi matematis yang mempunyai nilai menunjukan adanya hubungan yang searah antara kemampuan komunikasi matematis terhadap kemampuan penalaran matematika siswa sedangkan nilai t hitung sebesar 2,217 &gt; t tabel 2,037. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 13,3% untuk tingkat variabel X terhadap Y, sementara sisanya sebesar 86,7%, dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.</p> 2025-11-14T00:00:00+08:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Akademik Pendidikan Matematika https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1985 Eksplorasi Hubungan Critical Thinking Disposition dan Computational Thinking Skills dalam Problem-Based Learning Model 2025-11-27T12:36:55+08:00 Mustafa Mustafa mustafa@dosen.pancabudi.ac.id Azis Azis azis.nasam@upi.edu <p><em>Critical Thinking Disposition</em> (CTD) dan <em>Computational Thinking Skills </em>(CTS) merupakan kompetensi esensial yang diperlukan untuk menghadapi kompleksitas tantangan abad ke-21, khususnya dalam pembelajaran matematika di tingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pencapaian CTS dan CTD siswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis <em>Problem-Based Learning</em> (PBL), serta menganalisis hubungan antara kedua variabel tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif–korelasional, melibatkan 55 siswa kelas X dari salah satu SMA swasta di kota Medan yang dipilih melalui teknik <em>purposive sampling</em>. Data CTS diperoleh melalui tes essay berupa pemecahan masalah matematis, sedangkan CTD diukur melalui angket dengan skala <em>Likert</em>. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa baik CTD maupun CTS berada pada kategori capaian yang tinggi dengan variasi data yang moderat. Hasil uji korelasi Pearson mengungkapkan hubungan positif yang kuat dan signifikan antara CTD dan CTS (r = 0.723; p = 0.001 &lt; 0.05), yang mengindikasikan bahwa kecenderungan disposisi berpikir kritis berkontribusi substansial terhadap pengembangan keterampilan berpikir komputasional siswa. Temuan ini menegaskan bahwa PBL merupakan pendekatan pedagogis yang efektif dalam mengintegrasikan aspek disposisional dan kognitif secara simultan, dan memberikan implikasi penting bagi desain pembelajaran yang berorientasi pada penguatan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk memperluas cakupan variabel dan desain longitudinal guna memperkuat generalisasi temuan.</p> 2025-11-30T00:00:00+08:00 Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Akademik Pendidikan Matematika