https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/issue/feed Jurnal Akademik Pendidikan Matematika 2024-05-25T08:48:14+08:00 Pendidikan Matematika pendidikanmatematika@unidayan.ac.id Open Journal Systems <p align="justify"><strong>Jurnal Akademik Pendidikan Matematika (JAPM)</strong> merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dayanu IKhsanuddin Baubau. Jurnal ini sebagai wahana informasi ilmiah bidang matematika, pendidikan matematika, dan pembelajarannya berupa hasil penelitian dan kajian pustaka. Lembaga Jurnal Akademik Pendidikan Matematika FKIP Unidayan terbit dua nomor dalam satu tahun (Mei dan November). Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, mahasiswa, maupun praktisi. Terbitan Pertama pada bulan Mei 2015.</p> https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1515 Pengaruh Gadget Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) 2024-05-05T16:51:09+08:00 Rahmatia Rahmatia rahmati4@yahoo.co.id Azis Azis azis.nasam@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh gadget terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Waloindi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Waloindi tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 25 siswa. Sampel sebanyak 25 siswa yang merupakan keseluruhan populasi. Insrumen penelitian ini menggunakan wawancara (<em>interview</em>), dokumentasi, dan angket (kuesiner). Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastistas, uji autokorelasi, dan analisis regresi sederhana. Dari nilai korelasi dan determinasi dalam penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan gadget mempunyai pengaruh yang positif dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Waloindi tahun ajaran 2021/2022 sebesar 0,626 dan dengan nilai determinasi sebesar 39,2. Sedangkan berdasarkan nilai sig, terbukti signifikan dengan diketahui bahwa nilai sig. 0,001 &lt; 0,05, sehingga H<sub>0</sub> ditolak atau terdapat pengaruh yang signifikan antara gadget terhadap prestasi belajar matematika sebesar sebesar 39,2.</p> 2024-05-05T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Akademik Pendidikan Matematika https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1491 Implementasi Algoritma Multinomial Naïve Bayes, TF-IDF dan Confusion Matrix dalam Pengklasifikasian Saran Monitoring dan Evaluasi Mahasiswa Terhadap Dosen Teknik Informatika Universitas Dayanu Ikhsanuddin 2024-03-20T14:38:50+08:00 Nurul Hidayah nurul@unidayan.ac.id Dodiman Dodiman dodiman@unidayan.ac.id <p>Monitoring dan Evaluasi (monev) Pembelejaran merupakan salah satu bentuk pengukuran kinerja dosen yang diselenggarakan Universitas Dayanu Ikhsanuddin yang melibatkan mahasiswa terhadap dosen. Saran dan opini yang diberikan mahasiswa pada saat monev cukup beragam sehingga perlu dilakukan analisis sentimen terhadap saran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan pengklasifikasin data saran monev pembelajaran oleh mahasiswa kepada dosen pengampu mata kuliah. Sebanyak 1037 data set digunakan dalam penelitian ini yang bersumber dari formulir <em>online </em>yang dibagikan kepada mahasiswa. Algoritma yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multinomial Naïve Bayes untuk pengklasifikasian, TF-IDF untuk pembobotan teks dan <em>Confussion Matrix</em> untuk mengukur akurasi algoritma. Klasifikasi teks dilakukan dengan memberikan tiga label yaitu positif, negatif dan netral. Tahap penelitian ini dimulai dengan text processing, kemudian pembobotan dengan TF-IDF, lalu hasil klasifikasi ditampilkan dan diuji dengan <em>Confussion Matrix</em> yang terdiri dari unsur <em>precision, recall </em>dan akurasi. Hasil pengujian menunjukkan nilai <em>precision </em>yang didapatkan adalah 89%, <em>recall </em>adalah 85% dan akurasi sebanyak 85%. Hal ini menunjukkan bahwa algoritma memberikan hasil klasifikasi yang sangat baik.</p> <p><em> </em></p> 2024-05-05T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Akademik Pendidikan Matematika https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1441 Clustering Protein Diabetes Melitus menggunakan Algoritma MCL 2024-02-21T21:54:01+08:00 Wa Ode Rahma Agus Udaya Manarfa rahmamanarfa@unidayan.ac.id <p><em>Diabetes Melitus merupakan penyakit yang kompleks dengan berbagai tingkat komplikasi sistemik. Clustering PPI merupakan salah satu metode komputasi yang ditawarkan untuk mengidentifikasi protein-protein yang berpengaruh terhadap Diabetes Melitus tipe 2. Teknik clustering merupakan salah satu metode yang dapat digunakan dalam menemukan protein pelengkap sehingga menemukan obat menjadi lebih mudah. Penelitian sebelumnya mengidentifikasi protein-protein signifikan yang berasosiasi dengan penyakit Diabetes Melitus (DM) tipe 2 menggunakan analisis topologi jaringan interaksi protein yang hasilnya menunjukkan bahwa terdapat 21 protein signifikan yang berasosiasi dengan Diabetes Melitus (DM) tipe 2. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan cluster protein signifikan yang memiliki anggota Protein yang berinteraksi langsung dengan penyakit DM tipe 2. Penelitian ini telah dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu data protein DM tipe 2, pencarian protein signifikan clustering MCL yang menghasilkan data protein kompleks DM tipe 2. Jaringan backbone yang dihasilkan memuat protein signifikan pada penyakit DM tipe 2, hal ini merepresentasikan bahwa hasil output penggunaan algoritme adalah jaringan inti pada penyakit DM tipe 2.</em></p> 2024-05-05T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Akademik Pendidikan Matematika https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1524 Pengaruh Penggunaan Aplikasi AnNASH21 dalam Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam Menyiapkan Prosedur Evaluasi Pembelajaran Sampai Nilai Akhir 2024-05-23T08:43:27+08:00 Rasmuin Rasmuin rasmuin@unidayan.ac.id Maya Nurlita nurlita.maya03@gmail.com Ristawati Ristawati ristawt19@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi AnNASH21 dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa program studi pendidikan Matematika dalam menyiapkan prosedur evaluasi pembelajaran sampai nilai akhir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa semester 6 program studi pendidikan Matematika dan segaligus menjadi sampel dalam penelitian ini dengan jumlah 38 mahasiswa . Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dilakukan dengan memberikan instrumen lembar observasi awal dan observasi akhir yang dilakukan peneliti terhadap sampel, data yang diperoleh dianalisis dengan analisis korelasi dan uji beda rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi AnNASH21 memiliki hubungan dan pengaruh terhadap kemampuan mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam menyiapkan prosedur evaluasi pembelajaran sampai nilai akhir. Hal ini dapat dilihat dari nilai korelasi sebesar 0,982 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 &lt; 0,05 dan nilai t hitung sebesar 12,653 dengan sig. (2-tailed) sebesar 0,000, nilai t_tabel sebesar 2,026, dan nilai rerata selisih sebesar -20,079. Karena nilai sig. (2-tailed) 0,000 &lt; 0,05, maka ditolak dan diterima.</p> 2024-05-23T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Akademik Pendidikan Matematika https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1517 Prediksi Jumlah Siswa Baru Pada SMK Negeri 2 Buton dengan Metode Regresi Linier dan Exponential Smoothing 2024-05-09T18:46:44+08:00 Dodiman Dodiman dodiman@unidayan.ac.id Nurul Hidayah nurul@unidayan.ac.id Asniati Asniati asniatiangi@uniayan.ac.id <p><em>The role of education is very important in a nation because education is a top priority today. Education plays an important role in creating an intelligent and wise Indonesian state and nation. Education is carried out with the aim of improving the quality of people's lives and increasing the nation's competitiveness. To support the creation of quality education, adequate facilities and infrastructure are needed. SMK Negeri 2 Buton is an educational facility in Buton district, Southeast Sulawesi. SMK Negeri 2 Buton is experiencing problems in providing facilities such as the number of tables, chairs, etc., one of the main causes is the difficulty of knowing the number of students who will register in the coming year. Linear regression and exponential smoothing are methods that can be used to predict new students by utilizing past admissions data. So, the aim of this research is to predict the number of new students at SMK Negeri 2 Buton by utilizing linear regression and exponential smoothing. The data used in the research is new student data from 2011 to 2023. Application of new student predictions using linear regression and exponential smoothing methods at SMK Negeri 2 Buton shows a good prediction value, namely less than 21%. This means that the prediction method results are closer to the actual number of new student admissions. Prediction testing shows that the exponential smoothing method produces a smaller MAPE value than the linear regression method with a difference of 3.8%</em></p> 2024-05-23T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Akademik Pendidikan Matematika https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1522 Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 2 Baubau 2024-05-21T21:55:49+08:00 Ernawati Jais ernawatijais@unidayan.ac.id Suwarni La Usa suwarnilausa13@gmail.com Wardah Intifadah ernawatijais@unidayan.ac.id <p>The purpose of this study was to determine the effect of <em>the Project Based Learning</em> (PjBL) model on the mathematical communication skills of grade VIII students of SMP Negeri 2 Baubau<strong>. </strong>This research is a <em>Quasy Experiment research.</em> The population in this study was all grade VIII students in the even semester of SMP Negeri 2 Baubau consisting of 345 students. The research sample was taken using <em>purposive sampling</em> technique&nbsp; , selected class VIII.1 as an experimental class of 22 students and class VIII.4 as a control class of 22 students. The instrument used in this study is a test in the form of <em>an essay</em>. The results of the study are known students' mathematical communication skills in solving statistical problems on the subject of data centering measures. Based on the calculation results using <em>independent samples t test</em>, a calculated value of 2.547 was obtained. For the value of ttable at the level of significance 0.05 (5%) and db = 42 which is 1.681. Based on the calculated value &gt; ttable. So it can be concluded that there is an influence of the <em>Project Based Learning</em> (PjBL) model on the mathematical communication skills of grade VIII students of SMP Negeri 2 Baubau</p> 2024-05-23T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Akademik Pendidikan Matematika https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1523 Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa dengan Menggunakan Newman’s Error 2024-05-22T21:38:53+08:00 Dian Lestari dian7lestari@gmail.com Muhammad Rahman mu124h4n@gmail.com Nursalam Nursalam nursalamganteng019@gmail.com <p><em>The objectives of this research were (1) to determine the algebraic thinking abilities of class VII students at SMP Negeri 11 Buton; and (2) to analyze the mistakes of class VII students of SMP Negeri 11 Buton in completing the algebraic thinking ability test according to Newman's Error theory. This research is qualitative research with descriptive methods. The population of this study were students in class VII.A of SMP Negeri 11 Buton. The instruments of this research are diagnostic tests and interview guidelines. The data collection techniques for this research are diagnostic tests and interviews. The data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and data verification. The conclusions in this research are 1) the average algebraic thinking ability of students is in the medium and low categories. This can be seen from the data obtained that there are only 2 students (7%) belonging to the high ability category with an average score of 87.50, 18 students (64%) belonging to the medium ability category with an average score of 65.89, and 8 students (29%) fall into the low ability category with an average score of 39.38; b) The most errors made by students on the Newman's Error indicator were at the coding stage, with an average of 46% for each indicator. This shows that students have not been able to reach the stage of writing answers correctly. Meanwhile, the lowest percentage of errors made by students on the Newman's Error indicator was at the reading stage, with an average of 18% for each indicator</em><em>.</em></p> 2024-05-23T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Akademik Pendidikan Matematika https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1525 Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Berbasis Teknologi Terhadap Masalah Perkalian Bersusun pada Siswa Sekolah Dasar 2024-05-25T08:48:14+08:00 Silnawati Silnawati silnawati481@gmail.com Anwar Anwar tegaryaya2017@gmail.com La Eru Ugi wulanvila2017@gmail.com <p><em>This study aims to determine the effect of using technology-based learning video media on the problem of stacked multiplication in elementary school students. This study used a quantitative approach with the type of research quasi experiment (Quasy Experiment). The population of this study was also the research sample, namely fourth grade students of SD Negeri 1 Waha Wangi-Wangi totaling 26 students as the experimental class and fourth grade students of SD Negeri 2 Waha Wangi-Wangi totaling 30 students as the control class. Data collection techniques in this study used the administration of descriptive tests (essay) at the beginning and at the end of learning in each sample class. The data analysis technique used Prerequisite Test analysis (Normality Test and Homogeneity Test) and Hypothesis Test. The results of the analysis of this research are the normality test and homogeneity test, showing that the data is normally distributed and homogeneous, then the hypothesis test is estimated using a hypothesis test (independent sample T-test) with the assumption of equal variance. The significance value obtained is 0.000 from tcount = 8.763 &gt; ttable = 2.064. Because the significance value is 0.000 &lt; 0.05; then H0 is rejected and H1 is accepted based on the hypothesis acceptance criteria. Therefore, the researchers concluded that there was a difference in averages so that the use of technology-based learning video media was significantly effective in solving multiplication problems for elementary school students.</em></p> 2024-05-31T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Akademik Pendidikan Matematika