https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/issue/feedJurnal Akademik Pendidikan Matematika2025-11-27T12:36:55+08:00Pendidikan Matematikapendidikanmatematika@unidayan.ac.idOpen Journal Systems<p align="justify">Merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dayanu IKhsanuddin Baubau. Jurnal ini sebagai wahana informasi ilmiah bidang matematika, pendidikan matematika, dan pembelajarannya berupa hasil penelitian dan kajian pustaka. Lembaga Jurnal Akademik Pendidikan Matematika FKIP Unidayan terbit dua nomor dalam satu tahun (Mei dan November). Redaksi menerima dari staf pengajar (guru dan dosen), peneliti, mahasiswa, maupun praktisi. Terbitan Pertama pada bulan Mei 2015.</p>https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1969Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematich Project (MMP) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Fungsi pada Siswa SMP2025-11-01T23:06:32+08:00Rahmatia Rahmatiarahmati4@yahoo.co.idAzis Azisazis.nasam@upi.edu<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok fungsi siswa kelas VIII2 SMP Negeri 4 Mawasangka Kabupaten Buton Tengah melalui penerapan model pembelajaran MMP. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VIII2 SMP Negeri 4 Mawasangka yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran MMP pada materi pokok fungsi dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes awal yang dikategorikan cukup dengan nilai rata-rata yaitu 47,58 dan jumlah persentase siswa yang tuntas adalah 30%. Skor rata-rata hasil belajar matematika pada siklus I adalah 64,67 dan jumlah siswa yang memperoleh nilai tuntas sebesar 60% yang dikategorikan baik. Pada siklus II, skor rata-rata hasil belajar matematika meningkat menjadi 74,67 dan jumlah yang siswa memperoleh nilai tuntas 86,67%. Di samping itu, data hasil observasi disetiap siklusnya menunjukkan adanya perubahan sikap ke arah yang lebih positif, baik dari segi sikap dalam belajar dan keaktifan mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah.</p>2025-11-01T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Akademik Pendidikan Matematikahttps://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1968Pengaruh Pendekatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SD2025-10-27T12:36:33+08:00Anwar Anwaranwar@unidayan.ac.idErnawati Jaisernawatijais@unidayan.ac.idZaitun Zaitunzaitunempa@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe <em>Talking Stick</em> terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SD yakni kelas V SD Negeri 2 Bone-Bone. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Bone-Bone yang terdiri dari 2 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 38 siswa. Instrumen penelitian ini yaitu angket awal dan angket akhir. Data dianalisis dengan menggunakan uji beda rata-rata. Hasil penelitian menggunakan uji beda rata-rata diperoleh nilai t<sub>hitung</sub> sebesar 2,145 dengan nilai <em>sig. (2-tailed)</em> = 0,039 < 0,05, sehingga H<sub>0</sub> ditolak dan H<sub>1</sub> diterima. Dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh pendekatan model pembelajaran kooperatif tipe <em>Talking Stick</em> terhadap keaktifan belajar matematika siswa SD tepatnya di kelas V SD Negeri 2 Bone-Bone.</p>2025-11-01T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Akademik Pendidikan Matematikahttps://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1972Pengaruh Gaya Belajar dan Kecerdasan Emosional Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 18 Baubau2025-11-05T20:05:25+08:00Anwar Anwartegaryaya2017@gmail.comCindy Sripuja Jayanti Rizky Hakircindysripujasuksesppgpns@gmail.comArtati Irianaartati.iriana83@gmail.com<p>Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Baubau; 2) untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Baubau; 3) untuk mengetahui pengaruh gaya belajar dan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa VII SMP Negeri 18 Baubau. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan model penelitian korelasi <em>ex post facto</em>. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Baubau dengan sampel yang terdiri dari 5 kelas, yaitu kelas VII 1, VII 2, VII 3, VII 4, dan VII 5 sebanyak 217 siswa yang dipilih melalui teknik <em>Purposive Sampling</em> dimana setiap kelas diambil sebanyak 6 siswa yaitu, 2 siswa berdasarkan kategori yang meraih ranking tertinggi, 2 siswa berdasarkan kategori yang meraih ranking sedang, dan 2 siswa berdasarkan kategori yang meraih ranking terendah. Instrumen dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, statistik deskriptif, statistik inferensial dengan menggunakan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) ada pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Baubau dengan signifikansi variabel 0,000 < 0,05; 2) tidak ada pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Baubau dengan signifikansi variabel 0,191 > 0,05; 3) ada pengaruh gaya belajar dan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 18 Baubau dengan signifikansi variabel 0,000 < 0,05.</p>2025-11-13T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Akademik Pendidikan Matematikahttps://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1976Pengaruh Penggunaan Aplikasi Geogebra Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat dan Fungsi Kubik Kelas X SMA Negeri 1 Baubau2025-11-10T09:51:50+08:00Nasrullah Faturachmaddinnasrul123fatur@gmail.comRasmuin Rasmuinrasmuin@unidayan.ac.idDian Lestaridianlestari@unidayan.ac.id<p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan aplikasi terhadap sikap siswa kelas X SMA Negeri 1 Baubau pokok bahasan fungsi kuadrat dan fungsi kubik, untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan aplikasi terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Baubau pokok bahasan fungsi kuadrat dan fungsi kubik, untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan aplikasi terhadap keterampilan siswa kelas X SMA Negeri 1 Baubau pokok bahasan fungsi kuadrat dan fungsi kubik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode<em> Experiment. </em>Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Baubau Tahun Ajaran 2024/2025 semester genap yang diambil 2 kelas yaitu kelas X.1 dan kelas X.2 yang berjumlah 55 orang sebagai sampel penelitian dengan menggunakan <em>Teknik Cluster Random Sampling.</em> Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes, dan lembar unjuk kerja. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan <em>Uji Independent Sample T-Test. </em>Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan nilai t<sub>hitung</sub> N-Gain sikap = 3,096 > t<sub>tabel</sub> = 2,006, nilai t<sub>hitung</sub> N-Gain hasil belajar = 2,756 > t<sub>tabel</sub> = 2,006, nilai t<sub>hitung</sub> N-Gain keterampilan = 4,142 > t<sub>tabel</sub> = 2,006. Dengan demikian nilai t<sub>hitung</sub> > t<sub>tabel</sub> maka H<sub>0</sub> ditolak. Selain itu, taraf signifikansi hasil analisis untuk N-Gain sikap sebesar 0,003 < 0,05 , N-Gain hasil belajar sebesar 0,008 < 0,05 , N-Gain keterampilan sebesar 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan aplikasi geogebra terhadap sikap, hasil belajar, dan keterampilan siswa kelas X SMA Negeri 1 Baubau dalam pokok bahasan fungsi kuadrat dan fungsi kubik.</p>2025-11-14T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Akademik Pendidikan Matematikahttps://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1977Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 62 Buton2025-11-10T10:12:12+08:00Wa Ulfaulfasary134@gmail.comErnawati Jaisernawatijais@unidayan.ac.idDian Lestaridian7lestari@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi matematis terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas V SD Negeri 62 Buton. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 62 Buton, yang terdiri dari 17 siswa di kelas A dan 17 siswa di kelas B. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu sebanyak 34 siswa yang diambil menggunakan teknik convenience sampling. Instrumen dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif, statistik inferensial dengan menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis memiliki pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematika siswa kelas V SD Negeri 62 Buton. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis, bahwa koefisien regresi bertanda positif untuk variabel kemampuan komunikasi matematis yang mempunyai nilai menunjukan adanya hubungan yang searah antara kemampuan komunikasi matematis terhadap kemampuan penalaran matematika siswa sedangkan nilai t hitung sebesar 2,217 > t tabel 2,037. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 13,3% untuk tingkat variabel X terhadap Y, sementara sisanya sebesar 86,7%, dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.</p>2025-11-14T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Akademik Pendidikan Matematikahttps://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/1985Eksplorasi Hubungan Critical Thinking Disposition dan Computational Thinking Skills dalam Problem-Based Learning Model2025-11-27T12:36:55+08:00Mustafa Mustafamustafa@dosen.pancabudi.ac.idAzis Azisazis.nasam@upi.edu<p><em>Critical Thinking Disposition</em> (CTD) dan <em>Computational Thinking Skills </em>(CTS) merupakan kompetensi esensial yang diperlukan untuk menghadapi kompleksitas tantangan abad ke-21, khususnya dalam pembelajaran matematika di tingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pencapaian CTS dan CTD siswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis <em>Problem-Based Learning</em> (PBL), serta menganalisis hubungan antara kedua variabel tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif–korelasional, melibatkan 55 siswa kelas X dari salah satu SMA swasta di kota Medan yang dipilih melalui teknik <em>purposive sampling</em>. Data CTS diperoleh melalui tes essay berupa pemecahan masalah matematis, sedangkan CTD diukur melalui angket dengan skala <em>Likert</em>. Analisis deskriptif menunjukkan bahwa baik CTD maupun CTS berada pada kategori capaian yang tinggi dengan variasi data yang moderat. Hasil uji korelasi Pearson mengungkapkan hubungan positif yang kuat dan signifikan antara CTD dan CTS (r = 0.723; p = 0.001 < 0.05), yang mengindikasikan bahwa kecenderungan disposisi berpikir kritis berkontribusi substansial terhadap pengembangan keterampilan berpikir komputasional siswa. Temuan ini menegaskan bahwa PBL merupakan pendekatan pedagogis yang efektif dalam mengintegrasikan aspek disposisional dan kognitif secara simultan, dan memberikan implikasi penting bagi desain pembelajaran yang berorientasi pada penguatan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian selanjutnya direkomendasikan untuk memperluas cakupan variabel dan desain longitudinal guna memperkuat generalisasi temuan.</p>2025-11-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Akademik Pendidikan Matematika