Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Negeri 2 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v10i1.1522Kata Kunci:
model Project Based Learning, PjBL, kemampuan komunikasi matematisAbstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Baubau. Penelian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Baubau yang terdiri dari 345 siswa. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling terpilih kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 22 siswa dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol sebanyak 22 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk essay.Hasil penelitian diketahui kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal statistika pada pokok bahasan ukuran pemusatan data. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan independent samples t test diperoleh nilai thitung sebesar 2,547. Untuk nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05 (5%) dan db = 42 yaitu 1,681. Berdasarkan nilai thitung > ttabel. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Baubau
Unduhan
Referensi
Asikin, M., & Junaedi, I. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Smp Dalam Setting Pembelajaran Rme (Realistic Mathematics Education). Unnes Journal of Research Mathematics Education, 2(1).
Azis, Herianto, A. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7, 93–99.
Heryan, U. (2018). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 94–106.
Mahmud, D. A., & Hartono. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran Isk Dan Di Ditinjau Dari Motivasi, Sikap, Dan Kemampuan Komunikasi Matematis. 1(November), 188–201.
Netriwati, M. S. L., & Lena, M. S. (2017). Media Pembelajaran Matematika. Permata Net.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Acta Farmaceutica Bonaerense, 22(3), 197–201.
Nurhadiyati, A., Rusdinal, & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. 5(1), 327–333.
Purnomo, E. A., & Mawarsari, V. D. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Ideal Problem Solving Berbasis Project Based Learning. 1.
Rizqi, A. A. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa melalui Blended Learning Berbasis Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 191–202. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21457
Salam, R. (2017). Efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share ( TPS ) untuk meningkatkan kepercayaan diri dan komunikasi. Penelitian Pendidikan INSANI, 20(2), 108–116.
Sani, R. A. (2016). Metode Pembelajaran Saintifik. Trabajo Infantil, 53(9), 1689–1699.
Wena, M. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara.