Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kaledupa

Penulis

  • Dian Lestari Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Darmita Darmita Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.391

Kata Kunci:

hasil belajar, LAPS-heuristik

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Kaledupa. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Penelitian ex-post facto bertujuan menemukan penyebab yang memungkinkan perubahan perilaku, gejala atau fenomena yang disebabkan oleh suatu peristiwa, atau hal-hal yang menyebabkan perubahan pada variable bebas secara keseluruhan sudah terjadi. Dilihat dari tujuannya, penelitian ini merupakan  Causal research (penelitian korelasi). Penelitian korelasi adalah suatu  penelitian yang melibatkan tindakan pengumpulan data guna menentukan, apakah ada hubungan dan tingkat hubungan antara dua variable atau lebih. Berdasarkan hasil observasi, evaluasi dan refleksi pada setiap siklus dapat disimpulkan ada bahwa pengaruh kebiasa belajar  terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kaledupa, yang dapat dibuktikan dengan uji F diperoleh Fhitung  yang memiliki signifikan kurang dari 0,05 maupun secara sendiri-sendiri yang dibuktikan dari hasil uji t diperoleh thitung yang memiliki signifikan kurang dari 0,05 dan dapat dilihat dari besarnya pengaruh variabel kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika dapat diketahui dari besarnya koefisien determinasi secara parsial (r2) yaitu 0,574. Dengan demikian, besarnya pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar matematika adalah 57,4 %, sisanya sebesar 42,56 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Herman Hudojo, (1990).Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: IKIP Malang.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Aunurrahman.(2009). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta: Bandung.

Djaali dan Pudji Mulyono.(2000). Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Program PascaSarjana Universitas Negeri Jakarta.

Echols, J.M, dan Shadily H. (1984). Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.

Muhibbin Syah. (1995). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remdja Rosda Karya.

Hamalik, Oemar (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Leavitt, Harold.(2005). Psikologi Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Marsidi, Agus. (2007). Profesi Keguruan Pendidikan Luar Biasa.Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-05-01

Cara Mengutip

Lestari, D., & Darmita, D. (2021). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kaledupa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(1), 58-64. https://doi.org/10.55340/japm.v7i1.391

Terbitan

Bagian

Articles