Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kreativitas Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pecahan Di Kelas V SD Negeri Karing-Karing

Penulis

  • Suwarni La Usa Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Komang Resky Pratiwi Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.441

Kata Kunci:

Problem Solving, kreativitas belajar matematika siswa

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah metode pembelajaran Problem Solving berpengaruh terhadap kreativitas belajar matematika siswa pada materi pecahan di kelas V SD Negeri Karing-Karing ?. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Karing-Karing tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 36 orang siswa yang terdiri dari 2 kelas yang sekaligus digunakan sebagai sampel dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan tes uraian, dan dianalisis dengan menggunakan analisis Independent-Samples T Test. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa berdasarkan hasil analisis deskriptif nilai rata-rata peningkatan kreativitas belajar matematika siswa kelas eksperimen sebesar 82,37; rata-rata peningkatan kreativitas belajar matematika siswa kelas kontrol sebesar 72,37. Dan berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji-t diketahui signifikan sebesar 0,014 ˂ 0,05 yang berarti H0 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat  pengaruh metode pembelajaran Problem Solving terhadap kreativitas belajar matematika siswa pada materi pecahan di kelas V SD Negeri Karing-Karing.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azhari, & Somakim. (2013). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1–12.

Djaali, Muljono, P., & Ramly. (2000). Pengukuran Dalam Pendidikan. Program Pascasarjana.

Djamarah, S. B. (2005). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Handayani, R. D., & Yanti, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Belajar PKN Siswa di Kelas IV MI Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 107–123.

Hartono, H. (2008). Statistik Untuk Penelitian. Pustaka Pelajar.

Mappiare, A. T. (2013). Kamus Istilah Konselling dan Terapi. Raja Grafindo Persada.

Murniati, & Endah Resnandari Puji Astuti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving ( CPS ) Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(1), 75–82.

Pramestika, R. A., Suwignyo, H., & Utaya, S. (2020). Model Pembelajaran Creative Problem Solving pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Tematik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(3), 136–366.

Purwoko, R. Y. (2019). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Realistik Dengan Metode Penemuan Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa. Universitas Sebelas Maret.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuntitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Usman, H., & Setiadi, P. (2011). Pengantar Statistika. Bumi Aksara.

Yamin, M. (2008). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Gaung Persada Press Jakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-15

Cara Mengutip

Usa, S. L., & Pratiwi, K. R. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kreativitas Belajar Matematika Siswa Pada Materi Pecahan Di Kelas V SD Negeri Karing-Karing. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(2), 171-177. https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.441

Terbitan

Bagian

Articles