Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Dimensi Tiga Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 2 Baubau

Penulis

  • Suwarni La Usa Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.473

Kata Kunci:

pembelajaran kontekstual dan pemahaman konsep dimensi tiga

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep dimensi tiga peserta didik kelas XII SMA Negeri 2 Baubau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 2 Baubau yang terdiri atas 11 kelas, yaitu 396 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tes yang terdiri dari 10 butir soal dalam bentuk essay untuk tes awal dan 10 butir soal dalam bentuk essay untuk tes akhir Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yaitu kelas XII IPA 8 sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 orang dan siswa kelas XII IPA 11 sebagai kelas kontrol sebanyak 36 orang di SMA Negeri 2 Baubau. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes dan angket. Teknik analisis yang digunakan peneliti ialah menggunakan 2 jenis analisi statistik yaitu, statistik deskriptif dan statistik inferensial. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, maka terlebih dahulu akan dilakukan uji prasyarat seperti uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penghitungan dengan menggunakan independent samples t test diperoleh nilai thitung sebesar 3,593. Untuk nilai ttabel pada taraf signifikansi 0,05 (5%) dan db=70 yaitu 2,000. Berdasarkan nilai tersebut thitung > ttabel maka hipotesis penelitian diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstual mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman konsep dimensi tiga kelas XII SMA Negeri 2 Baubau.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dyah E.R. & Erni P.A.B. (2012). Penguasaan Definisi dan Rumus Dikaitkan dengan Penggunaanya Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Mirit Tahun Pelajaran 2011/2012. Ekuivalen-Pendidikan Matematika 4(1) 3

Ghozali, Imam. (2011). “Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro.

Ikhma Fauziana, (2013). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Peserta Didik. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Jhonson B. E. (2006). Contextual Teaching and Learning: Mizan learning center.

Nurhadi dan Agus G S. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya Dalam KBK. Malang : Universitas Negeri Malang

Sanjaya, Wina (2009). Strategi Pembelajaran (Berorietasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto (2010). Model Pembelajaran Terpadu; Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-15

Cara Mengutip

Usa, S. L. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Konsep Dimensi Tiga Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 2 Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(2), 204-209. https://doi.org/10.55340/japm.v7i2.473

Terbitan

Bagian

Articles