Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 1 Buton Tengah
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v8i2.870Kata Kunci:
kepercayaan diri, prestasi belajar matematikaAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buton Tengah?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buton Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buton Tengah yang terdiri atas 5 kelas. Sampel yang diambil sebanyak 20% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik random sampling di SMP Negeri 1 Buton Tengah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan angket. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan regresi sederhana diperoleh persamaan regresi linear : Y = 73,108 + 0,071X. Dengan nilai t sebesar 0,528, signifikan pada 0,602 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho diterima, atau H1ditolak. Artinya tidak terdapat pengaruh kepercayaan diri siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa di SMP Negeri 1 Buton Tengah.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. 2007, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI hal 134, Rineka Apta, Jakarta.
Azis, A., & Ali, S. (2019). Pengaruh Jam Belajar Pada Mata pelajaran Matematika terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batauga. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 94–101. https://doi.org/10.31219/osf.io/pfu6j
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Ghufron, M. danRisnawati, N.R. (2014). Teori -Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Indriawati, P. (2018). EFFECT OF SELF-CONFIDENCE AND EMOTIONAL INTELLIGENCE ON LEARNING RESULTS FOR STUDENTS IN FACULTY OF TEACHING AND LEARNING - UNIVERSITY OF BALIKPAPAN PENDAHULUAN Sebagai pengajar atau pendidik , guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap. 7(1), 59–77.
Ismail, Fajri. 2018. Statistika untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-ilmu Sosial, Jakarta : Prenada media Group.
Jumalia. (2015). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 5 Majene. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Jurnal, Z., & Matematika, P. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Rantetayo. 1(1), 27–31.
Nurmita, Wa Ode. 2017. Pengaruh Kepercayan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 1 Batauga. Universitas Dayanu Ikhsanuddin.
Rifki, M. (2008). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sma Islam Almaarif Singosari Malang. Skripsi, (1). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/4134/1/03160015.pdf
Sudjana (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646
Wibosono, Y. 2005. Metode Statistik. Gadjah Mada : University Press.