Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Batang Napier Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD Negeri 2 Bataraguru
DOI:
https://doi.org/10.55340/japm.v8i2.881Kata Kunci:
Alat peraga, Batang Napier dan Prestasi Belajar MatematikaAbstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini, Adalah apakah ada pengaruh positif dan signifikan pada penggunaan alat peraga batang napier terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas 4 SD Negeri 2 Bataraguru? tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga batang napier terhadap prestasi belajar siswa di SD Negeri 2 Bataraguru Penelitian ini merupakan Penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji beda rata-rata, namun sebelumnya dilakukan analisis deskripstif analisis inferensial yang teridiri dari uji persyarat yaitu uji normalitas dan dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukan nilai tes kelas eksperimen sebesar 76,50, dan skor tes rata-rata 52,00 untuk kelas kontrol dan berdasarkan hasil analisis inferensial dengan melihat uji normlitas diperoleh nilai signifikan hasil tes pada kelas eksperimen sebesar 0,134 dan nilai signifikan tes kelas kontrol sebesar 0,200, sedangkan uji homogenitas pada kedua kelas hasil tes siswa menunjukan nilai signifikan 0,786 > 0,005, sehingga dapat dikatakan kedua kelas tersebut homogen. Dengan menggunakan uji-t nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada penggunaan alat peraga batang napier terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas 4 SD Negeri 2 Bataraguru.
Unduhan
Referensi
Anwar, A., & Nurmina, N. (2019). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Geoboard Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Pada Pokok Bahasan Bangun Datar. Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 79–89. Diambil dari https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/177
Jais, E., & Amiati, W. (2020). Jurnal akademik pendidikan matematika. Akademik Pendidikan Matematika, 6(November), 62–66.
Malalina, M. (2019). Pemanfaatan Batang Napier untuk menghitung Operasi Perkalian dan Pembagian. Jurnal Pengabdian Barelang, 1(02), 17–23. https://doi.org/10.33884/jpb.v1i02.1053
Rasmuin, R., & Syah, S. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Higher Order Thingking Skill (HOTS) pada Siswa SMP. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 7(1), 72–80. Diambil dari https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/393
Setiawan, R. H. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Time Token Arends. Jurnal Akademik Pendidikan …. Diambil dari https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/view/259%0Ahttps://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/matematika/article/download/259/139
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta,cv.
Tamara, P. D., & Indrawati, D. (2018). Pengembangan Media Papan Rabdologia Modifikasi pada Materi Perkalian Siswa Kelas III, 6(7), 1119–1128.