Studi Kasus Pengolahan Air Limbah Pemukiman Di Kelurahan Bataraguru Kecamatan Wolio Kota Baubau

Authors

  • Surianti Surianti Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/jmi.v10i2.675

Keywords:

Pemukiaman, Air Limbah, Kelurahan Bataraguru

Abstract

Padatnya penduduk maka akan menimbulkan masalah yang berkaitan dengan limbah domestik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyaluran air limbah di Kelurahan Bataraguru Kecamatan Wolio dan mengevaluasi pengolahan air limbah di pemukiman Kelurahan Bataraguru Kecamatan Wolio.  Metodeyang digunakan Metode peneltian yang digunakan yaitu dengan melakukan pengamatan secara langsung serta melakukan wawancara dan pembagian kuisioner terhadap masyarakat.  Adapun hasil dari penelitian  ini yaitu Kondisi lingkungan air limbah di Kelurahan Bataraguru masih kurang baik. Dikarenakan kurangnya pemahaman masyarakat terkait masalah air limbah dan dampak yang ditimbulkan bagi lingkungan sekitar dan sumber daya air yang dapat dilihat dari hasil penelitian sebesar 28,9% masyrakat membuang air limbah rumah tangga langsung ke sungai dengan atau tanpa menggunakan pipa pembuanga, diperoleh 87,67% yang kurang nyaman dengan pembuangan air limbah yang tidak pada tempatnya dan sebesar 84,54% bahwa dampaknya sangat berpengaruh terhadap kualitas air minum (sumber air minum dari sumur).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ginting M, Rina. 2006. Hubungan Tingkat Resiko Pencemaran Terhadap Kualitas Air Sumur Gali Di Kelurahan Martubung Kecamatan Medan Labuhan.Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

J. Kodotatie Robert. 2010. “Tata Ruang Air Tanah”. Yogakarta : Penerbit ANDI

Sugiharto. (1987), Dasar – dasar Pengelolaan Air Limbah, Cetakan Pertama, UI Press, Jakarta

Tarigan, P. S. P. 2008. Hubungan Kerentanan Kondisi Fisik, Sanitasi Dasar Rumah dan Tingkat Risiko Lokasi Permukiman Penduduk Dengan Riwat Penyakit Berbasis Lingkungan di Kelurahan Bidara Cina, JakartaTimur.Tahun 2008.Skripsi.Universitas Indonesia.

Downloads

Published

2021-10-26