Analisa Daya Dukung Tanah Dasar (Sub Grade) Di Kecamatan Wolowa Dusun Waole I Jalan Kaulea Menggunakan Alat DCP (Dynamic Cone Penetrometer)

Authors

  • Nina Haryati Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Anna Irada La Ode Malim Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/jmi.v11i2.988

Keywords:

Analisa Daya Dukung tanah dasar, DCP, CBR Lapangan

Abstract

Untuk perencanaan jalan faktor utama yang perlu diperhatikan adalah nilai CBR (California Bearimg Ratio) dari tanah tersebut karena akan berpengaruh pada dayang dukung tanah dasar atau ketebalan dasar tanah. Untuk menemukan nilai CBR didapatkan dari pengujian lapngan yaitu DCP (Dinamic Cone Penetrometer). Metode untuk pengujian DCP ini dilakukan di titik kiri, tengah, dan kanan setiap jarak 100 meter dengan menggunakan metode zig-zag. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tentang daya dukung tanah dasar (subgrade) pada ruas jalan kaulea, desa waole kecamatan Wolowa, Kabupaten buton agar akses jalan menjadi mudah dilalui sehingga dapat membantu pengguna jalan untuk dapat lebih mudah dalam mengakses jalan tersebut. Hasil pengujian menunjukkan nilai rata-rata DCP adalah 22,02 mm, sedangkan rata-rata nilai CBR sebesar 8,88%. Nilai korelasi CBR-DDT terkecil 5,76 %, dengan DDT sebesar 8,8%. Nilai CBR desain / plan yang diperoleh memenuhi standar persyaratan nilai CBR yang telah ditetapkan sebesar 6%. Tidak perlu dilakukan pemadatan kembali di lapangan karena tidak memenuhi standar nilai CBR yang telah ditentukan dan disetujui untuk menambah perkerasan jalan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

ASTM D - 1883 Tabel penetrasi bahan standar. Country Road Board Australia (1969).

Mengkorelasikan pula DCP dengan CBR untuik nilai CBR sampai 50%.

SNI 03- 4153, (n.d.). Metode pengujian penetrasi dengan SPT (standar penetration tests).

SNI 1738- 2011. (n.d.). Metode pengujian California Bearing Ratio (CBR). Badan Standarisasi Nasional.

SNI 03-1744-1989, 1989, Metode Pengujian CBR Laboratorium

Sukirman. (1999). Kekuatan dan keawetan konstruksi perkerasan jalan sangat di tentukan oleh sifat-sifat daya dukung tanah dasar (subgrade). Skripsi, Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhadiyah Malang.

Harison, J.R., (1987). Correlation Between California Bearing Ratio And Dynamic Cone Penetrometer Strength Measurement Of Soils. Proceedings Of Institution Of Civil Engineers, London, Part 283, 83–87.

Hendarsin, S.L., 2000, Penuntun Praktis Perencanaan Teknik Jalan Raya, Politeknik Negeri Bandung, Bandung.

Downloads

Published

2022-10-26