https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/sipil/issue/feed Jurnal Media Inovasi Teknik Sipil UNIDAYAN 2024-08-21T21:15:57+08:00 Irzal Agus irzalagus@unidayan.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Media Inovasi Teknik Sipil UNIDAYAN</strong> diterbitkan secara berkala setiap 6 (enam) bulan yaitu Mei dan Oktober dan menerima artikel dari berbagai kalangan akademisi, peneliti dan praktisi. <strong>Jurnal Media Inovasi Teknik Sipil UNIDAYAN</strong> diharapkan mampu mengakomodir kebutuhan akan sebuah media untuk menyebarluaskan informasi dan perkembangan terbaru serta dapat menambah dan melengkapi diseminasi hasil-hasil penelitian serta sebagai ajang komunikasi sesama ilmuan untuk pengembangan ilmu pagi para akademisi, peneliti dan praktisi Teknik sipil di Indonesia. <strong>Jurnal Media Inovasi Teknik Sipil UNIDAYAN</strong>, menerbitkan artikel-artikel yang berfokus pada: Teknik Sipil dan Struktur, Geoteknik, Manajemen Konstruksi, Teknik Hidro, Transportasi (Engineering), Material Science serta artikel berkaitan dengan teknik sipil. </p> https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/sipil/article/view/1610 Pemanfaatan Fly Ash dan Serbuk Bata Merah sebagai Bahan Stabilisasi Tanah Lunak 2024-08-17T18:55:36+08:00 Ahmad Gasruddin ahmadgasruddin@unidayan.ac.id Laode Heriyanto heriode2024@gmail.com <p align="justify"><em>Tujuan penelitian ini guna mengetahui sifat fisik dan sifat mekanis tanah lunak yang tersebar di wilayah Kaisabu tepatnya di Kecamatan Sorawolio Kota Baubau serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh penambahan fly ash dan serbuk bata merah. &nbsp;Penambahan fly ash dan serbuk bata merah dengan beberapa variasi pada tanah lunak yang bersumber dari wilayah Kaisabu didalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar nilai CBR tanah lunak tersebut ketika dicampur dengan bahan stabilisasi berupa serbuk bata merah dan fly ash. Klasifikasi USCS menilai bahwa sampel tanah asli tersebut dikategorikan sebagai tanah lempung anorganik plastisitas rendah sampai sedang atau CL (Clay-Low). Sampel tanah asli</em> <em>juga termasuk dalam kategori A-7-6 didalam klasifikasi tanah menurut AASHTO yaitu Tanah Lempung. Dari hasil uji CBR serta pemadatan diperoleh beberapa nilai CBR berdasarkan variasi persentase jumlah campuran antara tanah lempung dan bahan stabilisasi serbuk bata merah dan fly ash, dimana pengaruh penambahan bahan stabilisasi yang meningkat nilai CBR tanahnya adalah variasi pada campuran tanah asli 55% serbuk bata merah 40% dan fly ash 5%, Sedangkan nilai CBR campuran tanah dan bahan stabilisasi yang menurun adalah 85% tanah asli, 10% serbuk bata merah dan 5% fly ash. </em></p> 2024-05-25T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Media Inovasi Teknik Sipil UNIDAYAN https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/sipil/article/view/1609 Analisis Kuat Tekan Beton Berongga menggunakan Kerikil Alam serta pengaruhnya terhadap Faktor Perawatan 2024-08-17T18:53:33+08:00 Irzal Agus irzalagus@unidayan.ac.id Sayiful Sayiful sayifulUnd@gmail.com <p align="justify"><em>Beton berongga (porous concrete</em><em>) yang digunakan terdiri dari agregat alam (batuan bulat) dengan gradasi terbanyak yakni lolos ¾” dan 3/8”, tanpa menggunakan pasir, air dan bahan tambah retarder</em><em>. </em><em>Pada p</em><em>enelitian</em><em> ini</em><em> menggunakan faktor air semen (FAS) </em><em>sebesar </em><em>0,35. Pengujian sifat fisik material beton yang dilakukan berupa pengujian kuat tekan </em><em>dan</em><em> volume pori. </em><em>Pengujian beton berongga</em> <em>dilakukan </em><em>pada umur 3 hari, 7 hari dan 28 hari</em><em>. </em><em>B</em><em>enda uji untuk pengujian kuat tekan</em><em> dan volume pori </em><em>berupa silinder berdiameter 15 cm x tinggi 30 cm</em><em>.</em> <em>Hasil p</em><em>engujian sampel beton berongga</em> <em>pada umur </em><em>28 hari </em><em>yang direndam </em><em>memiliki kuat tekan rata-rata </em><em>terbesar 95,70 kg/cm<sup>2</sup>, sedangkan yang tidak direndam sebesar 83,80 kg/cm<sup>2</sup>, atau mengalami penurunan sebesar 12,43%, sedangkan h</em><em>asil pengujian volume pori rata-rata beton berongga</em> <em>pada umur </em><em>28 hari </em><em>yang direndam </em><em>sebesar </em><em>19,98</em><em> %</em><em>, sedangkan yang tidak direndam sebesar 19,97% atau hampir tidak mengalami perubahan.</em></p> 2024-05-25T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Media Inovasi Teknik Sipil UNIDAYAN https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/sipil/article/view/1608 Analisis Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Trayek Wabula-Baubau 2024-08-17T19:02:13+08:00 Nurhayati Nurhayati nurhayati84@unidayan.ac.id Marzuki Husin marzuki23husin@gmail.com <p align="justify"><em>Aktivitas mobilitas penduduk dari Kota Baubau ke Kecamatan Wabula atau sebaliknya terlihat sangat intens. Untuk mendukung mobilitas yang tinggi ini, beberapa badan usaha pribadi menyediakan layanan transportasi antara Kota Baubau dan Kecamatan Wabula. Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan terdiri atas biaya langsung dan biaya tidak langsung. Dalam perhitungan BOK ini, terdapat beberapa faktor yang signifikan seperti harga bahan bakar, harga suku cadang, biaya perawatan kendaraan, dan faktor-faktor lain yang relevan . Tarif umumnya ditetapkan berdasarkan perhitungan Biaya Operasional Kendaraan (BOK). Oleh karen itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tarif angkutan umum dan mengevaluasi&nbsp;&nbsp; antara tarif yang berlaku saat ini dengan tarif berdasarkan BOK. Dari hasil penelitian diperoleh tarif yang berlaku dilapangan sebesar Rp 50.000 sedangkan jika dihitung berdasarkan BOK maka kendaraan Jenis Carry Futura tarifnya Rp 24.000 sedangkan jenis APV Rp 25.000. Terdapat perbedaan harga sekitar Rp 25.000,00 antara Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan tarif yang berlaku di lapangan.</em></p> 2024-05-25T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Media Inovasi Teknik Sipil UNIDAYAN https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/sipil/article/view/1611 Interpretasi Nilai Daya Dukung Tanah Dengan Alat DCP Pada Sub Grade Di Jalan Tani Lingkungan 1 Labusa Kelurahan Busoa 2024-08-17T18:57:21+08:00 Hilda Sulaiman Nur hildasulaimannur@unidayan.ac.id <p align="justify"><em>Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan korelasi antara CBR-DDT dari nilai kepadatan tanah dengan alat DCP. Pengujian nilai daya dukung tanah </em><em>dengan DCP </em><em>dilakukan secara berkala dengan interval 100 meter sebanyak 11 titik sepanjang 1 km. Daya dukung tanah dasar (Sub Grade) &nbsp;jalan tani lingkungan 1 labusa kelurahan busoa, diperoleh&nbsp; nilai rata-rata CBR sepanjang jalan yang diuji yaitu 10,87 % dengan nilai korelasi CBR-DDT rata-rata adalah 5,99. hasil penelitian menunjukkan bahwa daya dukung tanah di sepanjang jalan tersebut termasuk dalam kategori baik berdasarkan standar bina marga untuk tanah dasar yaitu 6%</em><em>.</em></p> 2024-05-25T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Media Inovasi Teknik Sipil UNIDAYAN https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/sipil/article/view/1613 Analisis Dampak Penambangan Pasir Laut Di Desa Patua Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi 2024-08-17T18:59:39+08:00 Surianti Surianti surianti@unidayan.ac.id Tomi Tomi tomiyyund@gmail.com <p align="justify"><em>Pasir laut &nbsp;adalah material granular yang terdiri dari partikel-partikel berukuran kecil, yang terbentuk dari proses pengikisan batuan dan material organik yang terbawa laut dan mengalami penghalusan oleh aksi gelombang dan arus. Proses penambangan pasir laut melibatkan ekstraksi meterial dari dasar laut. Aktivitas ini, sering dipandang sebagai&nbsp;sumber pendapatan ekonomi bagi masyarakat lokal, namun memiliki dampak terhadap lingkungan dan ekonomi dalam jangka panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari penambangan pasir laut terhadap lingkungan dan ekonomi masyarakat Desa Patua Kecamatan Tomia Kabupaten wakatobi. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan aplikasi SPSS. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu penambangan pasir laut memiliki hubungan linier yang sangat kuat antara dampak lingkungan dan dampak ekonomi, hal ini dapat dilihat dari hasil uji regresi diperoleh sebesar 0,999. </em>Sehingga diperlukannnya pendekatan dan regulasi yang ketat dengan melakukan penilaian dampak lingkungan yang menyeluruh dan mempertimbangkan alternatif ekonomi yang lebih berkelanjutan</p> 2024-05-25T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Media Inovasi Teknik Sipil UNIDAYAN https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/sipil/article/view/1615 Pengganti Parsial Agregat Halus dengan Memanfaatkan Limbah Keramik 2024-08-21T21:15:57+08:00 Hartini Hartini hartini@unidayan.ac.id Muh. Adrian Hijiru hijiru24@gmail.com <p align="justify"><em>Maksud penelitian ini untuk diketahui besarnya nilai kuat tekan dengan perawtan berupa perendaman pada air tawar selama 3, 7 dan 28 hari di laboratorium dengan subtitusi limbah keramik lantai dengan persentase 8%,9%, dan 10% dari berat agregat halus lokal (Pasir Barangka) dan untuk mengetahui komposisi penambahan limbah keramik lantai (tegel) yang optimum terhadap kuat tekan beton</em><em>.</em><em> Hasil optimum dari nilai uji kuat tekan rata-rata pada beton normal umur 28 hari mencapai 19,04 MPa. Pada subtitusi limbah keramik lantai 8% umur 28 hari optimum mencapai 20,777 MPa. Pada penggunaan subtitusi limbah keramik lantai 9% umur 28 hari optimum mencapai 20,39 MPa. Pada penggunaan subtitusi limbah keramik lantai 10% umur 28 hari optimum mencapai 18,56 MPa. Penggunaan subtitusi limbah keramik lantai diadukan beton cukup mempengaruhi nilai kuat tekan yang dihasilkan, dimana diperlihatkan hasil uji tekan beton umur 28 hari pada subtitusi 8% menunjukkan nilai yang lebih tinggi dari yang dapat di capai pada beton normal.</em></p> 2024-05-25T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Media Inovasi Teknik Sipil UNIDAYAN