ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) KULISUSU SMA NEGERI 1 KULISUSU

Authors

  • Said Saleh Salihi Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Kinerja Keuangan, Likuditas, Aktivitas, Rentabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kinerja keuangan KPRI Medulu SMA Negeri 1 Kulisusu ditinjau dari rasio likuiditas (2) Untuk mengetahui  kinerja keuangan KPRI Medulu SMA Negeri 1 Kulisusu ditinjau dari rasio aktivitas (3) Untuk mengetahui kinerja keuangan KPRI Medulu SMA Negeri 1 Kulisusu ditinjau dari rasio rentabilitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah kepala KPRI Medulu SMA Negeri 1 Kulisusu. Temuan penelitian ini adalah (1) rasio likuiditas berdasarkan perhitungan carren rasio berada dalam kriteria tidak efektif karena rata-rata rasionya sebesar 349,48%, begitupun dengan  perhitungan cash ratio berada dalam kriteria tidak efektif atau tidak likuid dalam memenuhi hutang jangka pendeknya karena rata-rata rasionya sebesar 42,45 (2) rasio aktivitas berdasarkan perhitungan receivable turn over berada dalam kriteria sangat efektif karena rata-rata rasionya sebesar 18,11 kali. Begitupun dengan berdasarka perhitungan assets trun over berada dalam kriteria sangat efektif karena rata-rata rasionya sebesar 17.12 kali dalam hal ini koperasi sangat bagus dalam mengolah aktivanya untuk menghasilkan pendapatan. (3) Rasio Rentabilitas berdasarkan perhitungan return on asset, berada dalam kriteria efektif karna rata-rata rasionya sebesar 7,91% begitupun berdasarkan perhitungan return on equity masuk dalam kriteria efektif atau  rentable karena rata-rata rasionya sebesar 9,32%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah.2006. Analisis Rasio Keuangan dan Prediksi Kesulitan Keuangan Pada Koperasi di Kabupaten Bima. Jurnal Riset Akuntansi Vol.5 tahun 2006.

Depertemen Pendidikan Nasional.2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta, CV

Fatmawati, Mila. 2012. Penggunaan The Zmijewski Model, The Altman Model, Dan The Springate Model Sebagai Prediktor Delisting. Jurnal Keuangan Dan Perbankan 16(1), h:56-65. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro.

Febriansyah, Erwin. 2018. Analisis Rasio Keuangan Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Koperasi Simpan Pinjam Muarah Kota Manna Tahun 2015-2017. Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Harhap, Sofyan Syafri. 2010. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hery. 2014. Analisis Laporan Keuangan.Cetakan kedua. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermina, Tinneka dan Devina Nur Ami.2016. Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Koperasi Pegawai Repoblik Indonesia Kopin Pengayoman Lapas Kabupaten Garut. Jurnal Wacana Ekonomi. Vol. 15 No.3. Universitas Garut

Hodsay, Zahruddin dan Nurjanah Fitriah.2017. Analisis Rasio Laporan Keuangan Pelajar di SMK Negeri 1 Palembang.Jurnal Neraca Vol.1 No.1. Universitas PGRI Palembang.

Horne V. James dan John M Wachowicz. 2012. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan (Fundamental of Financial Management). Edisi 12. Diterjemahkan oleh Dewi Fitriasari. Jakarta: Salemba Empat.

Jumingan. 2011. Analisis Laporan Keuangan.Cetakan keuda. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Rajawali pers

Kasmir. 2011. Dasar-Dasar Perbangkan Edisi Revisi. Rajawali Pers.

Munawir. 2011. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Liberty

Nordiawan, Dedi., Iswahyudi Sondi Putra, Maulidah Rahmawati. 2007. Akuntansi Pemerintahan. Jakarta: Salemba Empat

Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Repoblik Indonesia Nomor: 06/PER/M.KUKM/V/2006. Tentang Pedoman Penilaian Koperasi.

Salim, Amiroh Nurbailah Helmi Agus.2018 Analisis Rasio Sebagai Dasar Pengukuran Kinerja Keuangan Pada Koperasi Simpan Pinjam Syariah BMT UGT Sidogiri. Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi. Vol.8 No.2. STIE Mandala Jamber.

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen Informasi untuk Pengambilan Keputusan Strategis. Jakarta: Erlangga

Sudjaja, R.S., dan Berlin, I. 2001. Manajemen Keuangan 2. Jakart: Literata Lintas Media.

Sujarweni,V. Wiratna. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Undang-Undang Repoblik Indonesia Nomor 17 Tahun 2012 Tentang Perkoperasian

Wibowo. ( 2007). Manajemen Kinerja. Edisi ketiga. Jakarta: PT.Raja Grafindo Prasada

Downloads

Published

2022-01-01

How to Cite

Salihi, S. S. (2022). ANALISIS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) KULISUSU SMA NEGERI 1 KULISUSU. KAMPUA : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(1), 19-32. Retrieved from https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/502

Issue

Section

Articles