PENGARUH SIKAP, KESADARAN WAJIB PAJAK DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KECAMATAN PASARWAJO KABUPATEN BUTON

Authors

  • Wa Ode Nur Ainun Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Yuni Nuardi Tasmita Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Irsan Irsan Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Sikap Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan, Kepatuhan Wajib Pajak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sikap, kesadaran wajib pajak dan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan di Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton. Data yang diperoleh berupa data primer kuesioner yang disebarkan di Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton. Metode statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda  Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa secara parsial sikap wajib pajak tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, kesadaran wajib pajak berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, pengetahuan perpajakan berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sedangkan secara simultan sikap wajib pajak, kesadaran wajib pajak, dan pengetahuan perpajakan berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Carolina Veronica, 2007. “Pengetahuan Pajak”. Jakarta: Selemba Empat.

Erly Suandy, 2008. “Hukum Pajak”, Edisi Empat., Jakarta: Selemba Empat.

Hardika, 2006. Pengaruh Lingkungan dan Moral Wajib Pajak Terhadap Sikap dan Kepatuhan Wajib Pajak Pada Hotel Berbintang di Propinsi Bali. Skripsi Universitas Airlangga: Surabaya.

Jeni Susyanti dan Siti Aminah Anwar. 2020. Efek Sikap Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pajak Di Masa COVID-19. Sebatik 1410-3737, Hal 171-177.

Safri Nurmantu, 2003.”Pengantar Perpajakan”, Edisi Dua. Jakarta: Granit.

Eddy Supriyanto. 2011.. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mardiasmo. 2018. Perpajakan Edisi Akuntansi Perpajakan Terbaru 2018. Yogyakarta: Andi.

Robbin, Stephen, P, 2001. “Perilaku Organisasi : Konsep, Kontrovesi, Aplikasi”. Jakarta: Prenhallindo.

Tarjo dan Sawarjuwono Tjiptohadi, Agustus 2005. “Kepercayaan Wajib Pajak Terhadap Fiskus, Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Pentingnya Membayar Pajak, Rekayasa Akutansi dan Kepatuhan Wajib Pajak “. Jurnal Manajemen, Akutansi dan Bisnis Volume 3 Nomor 2.

Waluyo, 2010. “Perpajakan Indonesia”, Edisi Delapan. Jakarta: Salemba Empat,.

Downloads

Published

2022-07-15

How to Cite

Ainun, W. O. N., Tasmita , Y. N., & Irsan, I. (2022). PENGARUH SIKAP, KESADARAN WAJIB PAJAK DAN PENGETAHUAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DALAM MEMBAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN DI KECAMATAN PASARWAJO KABUPATEN BUTON. KAMPUA : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(2), 72-78. Retrieved from https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/817

Issue

Section

Articles