ANALISIS TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS ALOKASI DANA DESA DI DESA KAMOALI KECAMATAN SIOMPU BARAT

Authors

  • Deis Ferianti Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Fitrianti Da'a
  • La Ode Kamaluddin Mursidi Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Transparansi, Akuntabilitas, Alokasi Dana Desa (ADD)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis transparansi dan akutabilitas alokasi dana desa di Desa Kamoali Kecamatan Siompu Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa transparansi dan akuntabilitas alokasi dana desa di Desa Kamoali telah sesuai dengan Peraturan Mentri Dalam Negeri No.113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Transparansi alokasi dana desa di desa kamoali dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban sudah cukup baik dengan melibatkan masyarakat desa dalam perencanaan pengalokasian dana desa dan juga tanggungjawab dalam mengelolala dana desa yang sesuai dengan Peraturan Mentri Dalam Negeri No.113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa.Akuntabilitas alokasi dana desa di desa kamoali dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban telah sesuai dengan dengan Peraturan Mentri Dalam Negeri No.113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ainun Awaliah dan Nurmiyati Pariyati. 2019. Transparansi Dan Akuntabilitas Alokasi Dana Desa di Desa Bangkit Kecamatan Dampal Selatan Kabupaten Toli – Toli. Jurnal Kolaboratif Sains. Vol 1 No. 1.

Fernando Victory Tambuwun, Harijanto Sabijono dan Stanly W. Alexander. 2018. Analisis Transparansi Dan Akuntabilitas Otonomi Desa Dalam Pengelolaan Dan pertanggungjawaban Alokasi Dana Desa di Desa Kauneran Satu Kecamatan Sonder Kabupaten Minahasa. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi. Vol 13 No. 04.

Mahmudi. 2015. Manajemen Keuangan. Jakarta. Airlangga.

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: ANDI.

Mustofa Didjaja. 2003. Transparansi Pemerintahan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurcholis Hanif. 2011. Pertumbuhan Dan Penyelenggaraan Pemerintah Desa. Jakarta: Erlangga.

Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

Wienda Damayanti. 2018. Transparansi Dan Akuntabilitas Pemerintah DEsa Dalam Pengelolaan Alokasi Dana DEsa( Studi Kasus: Desa Tegiri Dan Desa Sumberagung Kecamatan Batuwarno, Kabupaten Wonogiri). Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Downloads

Published

2022-07-15

How to Cite

Ferianti, D., Da’a, F., & Mursidi, L. O. K. (2022). ANALISIS TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS ALOKASI DANA DESA DI DESA KAMOALI KECAMATAN SIOMPU BARAT. KAMPUA : Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(2), 79-85. Retrieved from https://ejournal.lppmunidayan.ac.id/index.php/akuntansi/article/view/820

Issue

Section

Articles