Pengaruh Kombinasi Pupuk Organik Padat dan ZPT Growtone Terhadap Pertumbuhan Bibit Tanaman Kencur (Kaempferia galangal L.)

Authors

  • Hasfiah Hasfiah Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rahmatia Rahmatia Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Pupuk Kandang Sapi, Pupuk Kandang Kambing, Pupuk Kandang Ayam, Pupuk Kandang Babi dan ZPT Growtone.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kombinasi pupuk organik padat dan ZPT growtone terhadap pertumbuhan bibit tanaman kencur. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Juni 2022 yang berlokasi di kebun percobaan program studi agroteknologi Kelurahan ngkari-ngkari kecamatan bungi Kota Baubau.  Penelitian ini menggunakan  Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pola satu faktor yang terdiri atas 5 taraf perlakuan yaitu P0 (tanpa pupuk), P1 (Pupuk Kandang  sapi 150 gram/ Polibag + ZPT 1 gram/10 ml), P2 (Pupuk Kandang kambing 150 gram/ Polibag  + ZPT 1 gram/10 ml), P3 (Pupuk Kandang ayam 150 gram/ Polibag + ZPT 1 gram/10 ml),  dan P4 (Pupuk Kandang Babi 150 gram/Polibag + ZPT 1 gram/10 ml). Parameter yang diamati meliputi umur munculnya tunas, jumlah anakan, dan jumlah daun. hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa  perlakuan kombinasi pupuk organik padat dan ZPT growtone memberikan pengaruh nyata terhadap jumlah anakan tetapi tidak dengan umur muncul tunas, dan jumlah daun pada tanaman kencur. Adapun perlakuan terbaik dalam meningkatkan pertumbuhan bibit tanaman kencur diperoleh pada perlakuan P2 (Pupuk Kandang kambing 150 gram/ Polibag  +  ZPT 1 gram/10 ml) dan P4 (Pupuk Kandang Babi 150 gram/ Polibag  + ZPT 1 gram/10 ml) dengan rata-rata jumlah anakan  yaitu 2.67 anakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hasfiah Hasfiah, Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Jurnal Agriyan merupakan media cetak untuk publikasi tulisan asli hasil penelitian mutakhir (paling lama 5 tahun yang lalu), ulasan (review) singkat, dan analisis kebijakan yang terbit dua nomor dalam setahun pada bulan Maret dan September. Bidang ilmu yang dipresentasikan dalam jurnal ini meliputi ilmu pertanian secara luas termasuk budidaya tanaman, ilmu tanah, hama dan penyakit tanaman, agribisnis, sosial ekonomi pertanian dan teknik pertanian terapan. Kehadiran Jurnal Agriyan diharapkan mampu menjadi media komunikasi dan forum pembahasan keilmuan bagi staf pengajar dan mahasiswa khususnya dilingkungan Fakultas Pertanian Universitas Dayanu Ikhsanuddin

References

Badan Pusat Statistik. https://sultra.bps.go.id/statictable/2021/09/04/3396/luas-panen-produksi-dan-produktivitas-kencur-per-kabupaten-kota-tahun-2019.html. Diunduh pada 18 april 2022.

Endang, G. L. dan Sri, H.,2005.Produksi bibit Kencur (Kaempferia galanga L.) Melalui Kultur Jaringan.[Kencur (Kaempferia galanga L.).Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi Pertanian dan Genetik Indonesia. JLTentara Pelajar 3A Bogor.

Hartatik dan L.R. Widowati., 2010.Pupuk Organik dan Pupuk Hayati. http://www.balittanah.litbang.deptan.go.id. Di askses 5 September 2022

Isty.T., 2016. Pengaruh Auksin (2,4 D) Dan Air Kelapa Terhadap Induksi Kalus Pada Rimpang Kencur (Kaempferia galangal L). Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Joni,2007. Kencur, Pasarnya Terbuka Lebar. Diunduh pada 15 mei 2015.

Lestari, Eka, dan Puji, 2015. Respons Pemberian Pupuk Hayati Pada Beberapa Jarak Tanam Pertumbuhan dan Produksi Kalian.(Brassica oleraceae var. acephala). (Skripsi) Universitas Sananta Darma. Yogyakarta.

Muji, B., 2020. Pemanfaatan Kotoran Kambing dan Kotoran Sapi Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Jahe Merah (Zingiber officinale Rosc).Program Studi Agroteknologi Fakultas Sains Dan Teknologi. Universitas Pembangunan Panca Budi. Medan.

Noverita, S.V., 2014. Pengaruh Pemberian Nitrogen dan Kompos Terhadap Pertumbuhan Tanaman Lidah Buaya (Aloe vera). Jurnal Penelitian Bidang Ilmu Pertanian.

Otih, 2007. Kencur, Pasarnya Terbuka Lebar. http://pengetahuan-kita.blogspot.com/2007/10/kencur-pasarnya-terbuka-lebar.html. Diunduh Pada 15 Februari 2022.

Suriawiria, 2007. Mikrobiologi Umum . Departemen Biologi FMIPA. ITB. Bandung.

Downloads

Published

2023-03-01

Issue

Section

Articles