Pengaruh Media Cangkok Terhadap Pertumbuhan Jeruk Siam (Citrus nobilis L.)

Authors

  • Sri Yuniati Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Samsu Samsu Universitas Dayanu Ikhsanuddin

Keywords:

Jeruk siam (Citrus nobilis L.), perbanyakan, perkembangan, tanah, pupuk kandang dan arang sekam.

Abstract

Jeruk siam merupakan salah satu jenis tanaman holtikultura yang termasuk tanaman unggulan nasional karena banyak dibudidayakan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Cangkok Terhadap Pertumbuhan Jeruk Siam. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai dengan Agustus 2022 yang bertempat , di KelurahanNgkari-Ngkari,Kecamatan Bungi, Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian in adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang terdiri dari 6 taraf perlakuan  yaitu  M1 (Tanah), M2 (Pupuk Kandang Sapi + Tanah), M3 (Pasir + Tanah), M4 (Sekam Padi + Tanah), M5 (Arang Sekam + tanah), M6 (Abu Sekam + Tanah). Hasil penelitian menunjukan bahwa media cangkok berpengaruh nyata terhadap waktu muncul akar dan panjang akar. Perlakuan M2 (Pupuk Kandang Sapi + Tanah) merupakan perlakuan terbaik bagi tanaman jeruk siam dari aspek waktu muncul akar dan panjang akar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyoga,W.,T. Setyowati., M.Ameriana dan Nurmalinda. 2009. Perilaku Konsumen Terhadap Jeruk Siam di Tiga Kota Besar di Indonesia. Jurnal Hortikultura,19 (1):112-124.

Badan Pusat Statistik. 2018. Produksi Jeruk Siam. 2014-2018

Cahyati,S., M.N. Isda dan W.Lestari.2016. Induksi Tunas dari Eksplan Kotiledon dan Epikotil In Vitro Jeruk Siam (Citrus nobilis L) Asal Kampar pada Media MS. Jurnal Riau Biologia.

Harahap, J., H. Fauzana dan A. Sutikno. 2017. Jenis dan Populasi Hama LalatBuah (Bactrocera Spp.) pada Tanaman Jeruk (Citrus nobilis Lour) di Desa Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar.Jom Faperta

Kuswandi. 2013. http://balitbu.litbang.deptan.go.id/ind/index.php/hasilpenelitian-mainmenu-46/inovasi-teknologi/16-penelitian pengkajian2/545. Diakses tanggal 29 Oktober 2013.

Lelly, S. 2004. Teknik Perbanyakan Vegetatif Tanaman Jeruk Manis (Citrus sinensis (L) Osbeck). Departemen Budidaya Pertanian, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.

Nyakpa, Y.M., A.A. Lubis, M.A. Pulung, A.G. Amrah, A. Munawar, Go Ban Hong dan N. Hakim. 2008.Kesuburan Tanah. Unila, Lampung.

Purwa, 2007. Petunjuk Pemupukan. Agro Media, Jakarta.

Rasud, Y, Ulfa. S, dan Baharia. 2015. Pertumbuhan Jeruk Siam (Citrus sinensis L) dengan Penambahan Berbagai Kosentrasi Sitokinin Secara In Vitro. Jurnal Agroland.

Reki, H dan Sutardi, 2010. Evaluasi Media dan Frekuensi Penyiraman Terhadap Pertumbuhan Bibit Kakao (Theobroma cacao L). J. Agrovigor.

Sriyanto, D., Astuti, P., dan Sujalu, A.P. 2015. Pengaruh Dosis Pupuk Kandang Sapi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Terong Ungu dan Terong Hijau (Solanum melonenga L.). Jurnal Agrifor. ISSN: 1412-6885. Volume XIV, Nomor 1. Maret 2015. Fakultas Pertanian. Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.

Sudartiningsih, D., dan B. Prasetya. 2010. Penharuh Pemberian Pupuk-Pupuk “Organik Diperkaya” Terhadap Ketersedian dan Serapan N Serta Produksi Cabai Besar (Capsicum annuum L.) Pada Tanah Inceptisol Karangploao Malang.

Downloads

Published

2023-03-01

Issue

Section

Articles