STUDENTS’ PERCEPTION ABOUT THE ENGLISH LEARNING AT SMA NEGERI 3 LAKUDO

Penulis

  • La Dunifa Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Juamdan Zamha Zamihu Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rianti Rianti Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/e2j.v9i2.1410

Kata Kunci:

Belajar bahasa Inggris, Persepsi

Abstrak

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana persepsi siswa tentang pembelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 3 Lakudo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa tentang pembelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 3 Lakudo. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI.IPA SMA Negeri 3 Lakudo tahun ajaran 2022/2023. Data diperoleh dengan observasi dan wawancara kemudian dianalisis oleh peneliti dengan tiga langkah; reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini menemukan persepsi siswa tentang pembelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 3 Lakudo. Yaitu siswa merasa tidak senang, siswa tidak tertarik, siswa sering merasa bosan dalam belajar bahasa Inggris dan siswa sering merasa malas dalam belajar bahasa Inggris.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

G. P. Delahunty and J. J, The English Language from Sound to Sense. Coloardo: parlor Press., 2010.

J. . Amberg and D. . Vause, American English: History, Structure, and Usage. Cambridge: University Press, 2009.

Fika Megawati, “Kesulitan Mahasiswa dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif,” Pedagog. J. Pendidik., vol. 2, no. 5, 2016.

Hermayawati, “Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa,” J. Sosio-Humaniora, vol. 1, no. 1, 2010.

P. M. Warouw, “ELT materials adaptation for multiethnic classrooms: a case study of tertiary education in Manado, Indonesia,” Monash University, 2017.

M. Yusroh, “Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Ibrahimy Genteng Banyuwangi,” J. Pendidik., vol. 8, 2016, doi: 10.30739/darussalam.v8i1.11.

Armstrong and D. A, “Students’ Perceptions of Online Learning and Instructional Tools: A Qualitative Study of Undergraduate Students Use of Online Tools,” J. Educ. Technol., vol. 10, no. 3, pp. 222–226, 2011.

S. Bahri and I. K. Trisnawati, “Persepsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UIN Ar-Raniry Tentang Plagiarisme Tugas Kuliah,” J. Ilm., vol. 18, no. 2, 2918.

Albert Michotte, The Perception of Casuality. London: Routledge Falmer, 2017.

Hendra Mashuri, “Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani di SMA Muhammadiyah Kediri,” J. Pembelajaran Olahraga, vol. 3, 2017.

W. James, “The Principles of Psychology,” 1980.

S. P. Robbin, Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia, 2003.

Sugihartono, K. N. Fathiyah, F. A. Setiawati, F. Harahap, and S. R. Nurhayati, Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers, 2007.

Sarlito Wirawan Sarwono, Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Rakhmat J, Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

R. P. Stephen and Timothy A Judge, Pelaku Organisasi Edisi Ke-12. Jakarta: Salemba Empat, 2008.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Rakhmat Jalaludin, Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

W. Bimo, Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi, 2010.

Azwar S, Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Gerungan W A, Psikologi Sosial. Bandung: Eresco, 1996.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Dunifa, L., Zamihu, J. Z., & Rianti, R. (2023). STUDENTS’ PERCEPTION ABOUT THE ENGLISH LEARNING AT SMA NEGERI 3 LAKUDO. English Education Journal, 9(2), 135-142. https://doi.org/10.55340/e2j.v9i2.1410

Terbitan

Bagian

Articles