KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PENDEK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 BAUBAU

Authors

  • Abdul Weas SMP Negeri 7 Baubau

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v10i3.1067

Keywords:

kemampuan menulis, naskah drama

Abstract

Penelitian ini diharapkan mempunyai manfaat bagi siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan menulis teks drama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif yang dimaksud adalah pendeskripsian objek penelitian sebagaimana adanya atau penggambaran dan penyajian data berdasarkan kenyataan-kenyataan secara objektif tentang kemampuan menulis naskah drama pendek siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan siswa dalam menulis naskah drama pendek. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara masing-masing responden menulis naskah drama pendek. Keseluruhan data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Statistik yang dimaksud adalah berupa tabulasi dan persentase. Tabulasi digunakan untuk mendeskripsikan gejala-gejala yang dapat diketahui melalui persentase individu yang muncul secara kelompok sesuai dengan ketentuan penskoran yang ditetapkan. Sedangkan, persentase digunakan untuk mengetahui kemampuan dan kebenaran jawaban siswa dalam menulis naskah drama pendek siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dikemukakan ditarik kesimpulan sebagai berikut.  (1) Kemampuan menulis naskah drama pendek siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau bahwa dari 20 responden siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau dalam menulis naskah drama pendek 100% tuntas secara individual maupun klasikal dengan nilai berkisar antara 65-90. (2) Rata-rata persentase skor siswa adalah 77,75%, yaitu berada pada rentang 70%-84% pada kategori mampu. (3)Berdasarkan peraspek, kelengkapan pada aspek formal naskah drama (judul, dialog, babak, kramagung, dan prolog) terdapat II orang responden atau 55% tuntas secara individual dan tidak tuntas secara klasika, aspek kerangka naskah drama lengkap terdapat 20 orang responden atau 100% tuntas secara individual maupun klasikal, aspek penggunaan ejaan yang disempurnakan terdapat 20 orang responden atau 100% tidak tuntas secara individual maupun klasikal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

T. H. Guntur, “Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa,” Ed. revisi. Angkasa Bandung, 2008.

S. Endaswara, “Metode Penelitian Psikologi Sastra,” Teor. Langkah dan Penerapannya Yogyakarta Media Presindo, 2008.

S. Arikunto and P. P. S. P. Praktek, “Rineka cipta.” Jakarta, 2001.

R. Winingsih, “Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Dengan Media Boneka (Stick Wayang Orang) Pada Siswa Kelas VIII B SMP N 2 Sentolo.,” Yogyakarta Univ. Negeri Yogyakarta, 2011.

Depdiknas, “Standar Penelitian,” Jakarta: Dirjen Dikdasmen., p. 43, 2003.

Downloads

Published

2022-09-30