UPAYA MEMPERBAIKI MISKONSEPSI DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FLUIDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF CONCEPTUAL INSTRUCTION (ICI) BERBANTUAN LKS BERBASIS LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS XI IPA3 SMAN 2 BAUBAU TAHUN 2016

Authors

  • Ummi Salamah SMA Negeri 2 Baubau

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v10i3.1069

Keywords:

Model Pembelajaran ICI, Miskonsepsi, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki miskonsepsi dan meningkatkan hasil belajar fluida melalui model pembelajaran Interaktif Conceptual Instruction (ICI) berbantuan LKS berbasis lingkungan pada siswa kelas XI IPA3 SMAN 2 Baubau tahun 2016.

Instrumen berupa tes objektif untuk mengukur hasil belajar kognitif. Hasil belajar psikomotor dan afektif diukur dengan menggunakan lembar observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPA3 SMA Negeri 2 Baubau semester genap tahun Pelajaran 2015/2016 dengan jumlah 30 siswa.

Data penelitian dianalisis secara deskriptif, hasilnya menunjukkan bahwa: (1) terjadi perbaikan miskonsepsi sebesar 63,33% dari pra siklus hingga akhir siklus II. Dari sebelum diberi tindakan atau pra siklus miskonsepsi siswa 83,33%, mengalami perbaikan menjadi 60% diakhir siklus I, dan terus mengalami perbaikan hingga 20% di akhir siklus II. (2) terjadi peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif sebesar 46,66% dari pra siklus hingga akhir siklus II. Dari sebelum diberi tindakan atau pra siklus hasil belajar siswa aspek kognitif 36,67% meningkat menjadi 56,67% pada akhir siklus I, dan meningkat lagi menjadi 83,33% pada akhir siklus II.

Jadi dapat disimpulkan bahwa perbaikan miskonsepsi siswa dan hasil belajar siswa dalam upaya meningkatkan hasil belajar fluida siswa Kelas XI IPA3 SMA Negeri 2 Baubau Tahun 2016 dengan menggunakan Model Pembelajaran Interaktif Conceptual Instruction (ICI) Berbantuan LKS Berbasis Lingkungan dapat meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. M. Sardiman, “Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar, PT,” Raja Graf. Persada, Jakarta, 2007.

P. H. B. F. Mundilarto, “Yogyakarta.” UNY Press, 2012.

L. Sutrisno and H. Kresnadi, “Kartono. Pengembangan Pembelajaran IPA SD.” Jakarta: LPJJ PGSD, 2007.

Depdiknas, Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Jakarta: Ditjen Dikdakmes, 2003.

S. Yangın, S. Sidekli, and Y. Gökbulut, “Prospective teachers’ misconceptions about classification of plants and changes in their misconceptions during pre-service education,” 2014.

P. Suparno, “Filsafat konstruktivisme dalam pendidikan.” Yogyakarta: Kanisius, 1997.

S. Mustaji, “Pembelajaran berbasis konstruktivistik-penerapan dalam pembelajaran berbasis masalah,” Surabaya Univ. Negeri Surabaya, 2005.

Trianto, Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher, 2008.

Depdiknas, Pedoman Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa dan Skenario Pembelajaran Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, 2004.

W. Ardhana, K. L. Purwanto, and I. W. Santyasa, “Implementasi pembelajaran inovatif untuk pemahaman dalam belajar fisika di SMU,” J. ilmu Pendidik., vol. 11, no. 2, pp. 152–168, 2004.

Downloads

Published

2022-09-30