UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI TEKNIK LESSON STUDY SECARA KOLABORATIF DAN RUTIN DI SMP NEGERI 19 BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.55340/fkip.v11i1.1283Keywords:
Kinerja Guru,, Lesson Study secara kolaboratif, rutinAbstract
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kinerja guru melalui teknik lesson study secara kolaboratif dan rutin di SMP Negeri 19 Baubau tujuan penelitian dirumuskan sebagai berikut: 1) Meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab guru akan tugas pokok dan fungsinya yang dibebankan oleh orang tua, masyarakat dan pemerintah. 2) Menyusun dan mengevaluasi perencanaan guru dalam melaksanakan tugas mengajar agar mutu pembelajaran meningkat. 3) Meningkatkan pemahaman guru terhadap tugasnya sebagai agen pembelajaran. 4) Membentuk dan menciptakan disiplin kerja serta iklim budaya kerja sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan, Tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan: 1) Pelaksanaan program yang rutin dan berkesinambungan merupakan kunci keberhasilan dalam melaksanakan tugas sebagai kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. 2) Pada "Upaya Peningkatan Kinerja Guru melalui Teknik Lesson Study secara Kolaboratif dan Rutin di SMP Negeri 19 Baubau" ternyata mampu membentuk tenaga pendidik yang produktif/profesional dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran. 3) Dengan adanya terobosan dan inovasi melalui pendekatan "Upaya Peningkatan Kinerja Guru melalui Teknik Lesson Study Secara Kolaboratif dan Rutin di SMP Negeri 19 Baubau" ternyata ada pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa.
Downloads
References
F. H. Yasin, “Upaya Peningkatan Kinerja Guru
Melalui Teknik Lesson Study Secara
Kolaboratif dan Rutin Di SDN Inpres 1 Wora
Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019,”
JUPE J. Pendidik. Mandala, vol. 5, no. 6, 2020.
S. Sukanti, “Meningkatkan kompetensi guru
melalui pelaksanaan penelitian tindakan Kelas,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 6, no. 1,
W. Wele, “Upaya Peningkatan Kinerja Guru
Melalui Teknik Lesson Study Secara
Kolaboratif dan Rutin Di TKK Ade Irma
Mataloko Kabupaten Ngada,” War. Pendidikan|
e-Journal, vol. 5, no. 10, pp. 15–22, 2021
Y. Owa, “Upaya Peningkatan Kinerja Guru
Melalui Teknik Lesson Study Secara
Kolaboratif dan Rutin di TKK Negeri Harapan
Bangsa Bajawa Kabupaten Ngada,” War.
Pendidikan| E-Journal, vol. 4, no. 4, pp. 13–19,2020.