UPAYA PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI TEKNIK LESSON STUDY SECARA KOLABORATIF DAN RUTIN DI SMP NEGERI 19 BAUBAU

Authors

  • Mahmud Mahmud SMP Negeri 19 Baubau

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v11i1.1283

Keywords:

Kinerja Guru,, Lesson Study secara kolaboratif, rutin

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kinerja guru melalui teknik lesson study secara kolaboratif dan rutin di SMP Negeri 19 Baubau tujuan penelitian dirumuskan sebagai berikut: 1) Meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab guru akan tugas pokok dan fungsinya yang dibebankan oleh orang tua, masyarakat dan pemerintah. 2) Menyusun dan mengevaluasi perencanaan guru dalam melaksanakan tugas mengajar agar mutu pembelajaran meningkat. 3) Meningkatkan pemahaman guru terhadap tugasnya sebagai agen pembelajaran. 4) Membentuk dan menciptakan disiplin kerja serta iklim budaya kerja sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Sekolah. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan, Tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan: 1) Pelaksanaan program yang rutin dan berkesinambungan merupakan kunci keberhasilan dalam melaksanakan tugas sebagai kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. 2) Pada "Upaya Peningkatan Kinerja Guru melalui Teknik Lesson Study secara Kolaboratif dan Rutin di SMP Negeri 19 Baubau" ternyata mampu membentuk tenaga pendidik yang produktif/profesional dan mampu meningkatkan mutu pembelajaran. 3) Dengan adanya terobosan dan inovasi melalui pendekatan "Upaya Peningkatan Kinerja Guru melalui Teknik Lesson Study Secara Kolaboratif dan Rutin di SMP Negeri 19 Baubau" ternyata ada pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

F. H. Yasin, “Upaya Peningkatan Kinerja Guru

Melalui Teknik Lesson Study Secara

Kolaboratif dan Rutin Di SDN Inpres 1 Wora

Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019,”

JUPE J. Pendidik. Mandala, vol. 5, no. 6, 2020.

S. Sukanti, “Meningkatkan kompetensi guru

melalui pelaksanaan penelitian tindakan Kelas,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 6, no. 1,

W. Wele, “Upaya Peningkatan Kinerja Guru

Melalui Teknik Lesson Study Secara

Kolaboratif dan Rutin Di TKK Ade Irma

Mataloko Kabupaten Ngada,” War. Pendidikan|

e-Journal, vol. 5, no. 10, pp. 15–22, 2021

Y. Owa, “Upaya Peningkatan Kinerja Guru

Melalui Teknik Lesson Study Secara

Kolaboratif dan Rutin di TKK Negeri Harapan

Bangsa Bajawa Kabupaten Ngada,” War.

Pendidikan| E-Journal, vol. 4, no. 4, pp. 13–19,2020.

Downloads

Published

2023-01-31

Issue

Section

Articles