PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SEJARAH KELAS VII SMP NEGERI 1 LAKUDO

Authors

  • Kasman Kasman SMP Negeri 1 Lakudo

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v11i2.1288

Keywords:

Layanan Bimbingan Belajar,, Prestasi, Belajar Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Layanan Bimbingan Belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lakudo. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu X sebagai nilai angket dan Y sebagai nilai hasil belajar. Penelitian ini yang datanya terbentuk angka atau diangkakan (skorsing). Jenis penelitian ini yang akan digunakan adalah penelitian studi korelasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 345 siswa. Sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik total sampling (jumlah secara keseluruhan) sebanyak 84 siswa. Instrument dalam penelitian ini adalah diperoleh dari hasil observasi, dokumen dan angket/lembar pengisian soal dari variable X (Layanan Bimbingan Belajar) dan Y (Prestasi belajar) dan data sekolah. Teknik pengumpulan data ini menggunakan model observasi, angket dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bertolak pada kualitas lulusan, pendidikan merupakan tanggungjawab kolektif semua pihak yang terlibat dalam pendidikan, lebih-lebih lembaga penyelenggara tenaga kependidikan. Mutu pendidikan dipermasalahkan jika hasil pendidikan belum mencapai taraf kualitas yang diharapkan. Penetapan mutu pendidikan dilakukan oleh lembaga penyelenggara tenaga kependidikan. Mutu pendidikan selanjutnya dijadikan sebagai acuan dalam menyatakan kualitas pendidikan yang diinginkan. Oleh karenanya, hasil belajar yang bermutu hanya mungkin dicapai melalui proses belajar yang bermutu pula. Jika proses belajar tidak optimal, maka sangat sulit diharapkan terjadinya hasil belajar yang bermutu. Jika kenyataannya belajar tidak optimal tetapi menghasilkan skor ujian yang maksimal, maka bisa dipastikan bahwa hasil belajar tersebut adalah semu. Ini mengindikasikan bahwa masalah pendidikan lebih terletak pada proses pendidikan, khususnya proses belajar mengajar. Bimbingan belajar tidak akan maksimal jika tidak ada evaluasi hasil belajar pasca dilakukan bimbingan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

L. Krismarini and U. Hanik, “PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPK ST. PETRUS JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2015–2016,” SUCCESS J. Bimbing. konseling dan Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 31–41, 2019.

M. Syah, “Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, cet.” Ke, 2005.

O. Hamalik and P. Belajar, “Mengajar,” Sinar Baru Algesindo, Bandung, 2004.

D. K. Sukardi, “Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di sekolah,” Surabaya Usaha Nas., 1983.

A. Amiruddin, “Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Metode Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Tinauka,” J. Kreat. Online, vol. 3, no. 4.

D. Sugiyono, “Metode penelitian kuantitatif dan R&D,” Bandung Alf., pp. 26–33, 2010.

Downloads

Published

2023-05-31

Issue

Section

Articles