MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DI KELAS IV SD NEGERI KECIL WAMEMBE

Authors

  • Siti Ramadhan SD Negeri Kecil Wamembe

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v11i2.1293

Keywords:

Hasil Belajar,, Bilangan Bulat,, CRH

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat melalui model Pembelajaran Course Review Horay siswa kelas IV SD Negeri Kecil Wamembe. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah murid kelas IV SD Negeri Kecil Wamembe yang berjumlah 19 murid terdiri atas 10 murid laki-laki dan 9 murid perempuan. Tehnik analisis data tiap siklus diawali dengan perencanaan, kemudian melakuka tindakan, observasi terhadap tindakan, dan diakhiri dengan refleksi. Teknik analisis data tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika materi operasi penjumlahan bilangan bulat melalui model pembelajaran Course Review Horay baik pada proses pembelajaran maupun evaluasi yang diberikan pada akhir setiap tindakan. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil evaluasi setiap siklus dimana pada siklus I dengan nilai rata-rata 68.42 dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 68.42% dan siklus II dengan rata-rata 78.68 dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 94.74%. Dengan kesimpulan bahwa dengan penerapan Model Pembelajaran Course review Horay (CRH) di Kelas IV SD Negeri kecil Wamembe mulai dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan.n

Downloads

Download data is not yet available.

References

K. Mahfud, Pendidikan Multi Kultural. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011.

S. Suryabrata, Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

T. Munasifatut, Model Pembelajaran Course Review Horay. Pustaka Gurnulis, 2021.

Wikipedia, “Bilangan Bulat,” id.wikipedia.org, 2022. .

G. Muhsetyo, “Bilangan Bulat,” Teori Bilangan, 2022. .

F. Meirza Nanda, Motivasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Course Review Horay. Jakad Media Publishing, 2019.

H. Ujang S, Model-Model Pembelajaran Efektif. Bina Mulia Publishing, 2016.

A. Suprijono, Cooperative Learning. Teori dan Aplikasi PAIKEM. Bandung: Pustaka Belajar, 2013.

W. Nurkancana and P. P. N. Sumartana, “Evaluasi pendidikan,” Surabaya Usaha Nas., 1986.

Downloads

Published

2023-05-31

Issue

Section

Articles