Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 2 Baubau Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Asmilu Asmilu SMK Negeri 2 Baubau

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v8i2.349

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Jigsaw, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian dengan tujuan untuk membuktikan apakah dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan  hasil  belajar Matematika siswa  Kelas  XI TKJ 2 SMK Negeri 2 Baubau. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi,  dan revisi.  Sasaran penelitian  ini adalah siswa  Kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 2 Baubau. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari Prasiklus   sampai siklus II yaitu, prasiklus   (40%), siklus I (80%), siklus II (92%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Model Pengajaran Kooperatif Tipe   Jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai siswa SMK Negeri 2 Baubau, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rosda. Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guruse-KabupatenTuban

Arikunto,S.2001.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta.

Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: CV.Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiarti, Titik. 1997. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah disampaikan pada Pelatihan Peningkatan Kualifikasi Guru S1 PGSD. Universitas Jember

Downloads

Published

2020-05-01

Issue

Section

Articles