Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 2 Baubau Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.55340/fkip.v8i2.349Keywords:
Pembelajaran Matematika, Jigsaw, Hasil BelajarAbstract
Penelitian dengan tujuan untuk membuktikan apakah dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 2 Baubau. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 2 Baubau. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari Prasiklus sampai siklus II yaitu, prasiklus (40%), siklus I (80%), siklus II (92%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Model Pengajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai siswa SMK Negeri 2 Baubau, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Matematika.
Downloads
References
Rosda. Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guruse-KabupatenTuban
Arikunto,S.2001.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta.
Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: CV.Rineka Cipta.
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sugiarti, Titik. 1997. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah disampaikan pada Pelatihan Peningkatan Kualifikasi Guru S1 PGSD. Universitas Jember