Peningkatan Prestasi Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Bagi Siswa Kelas XI.IPA 2 SMA Negeri 3 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.55340/fkip.v8i2.351Keywords:
Student Teams Achievement Divisions (STAD), Passing BawahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui hasil peningkatan hasil belajar biologi pada materi Sel pada siswa kelas XI.IPA 2 SMA Negeri 3 Baubau. Metode yang di gunakan adalah penelitian Tindakan Kelas yang terbagi menjdai dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI.IPA 2 SMK Negeri 3 Baubau yang berjumlah 21 orang yang terdiri 10 orang siswa putra dan 11 orang siswa putri, pada semester ganjil SMA Negeri 3 Baubau. Hasil penelitian menunjukkan Prestasi belajar, dimulai dari masalah yang dihadapi siswa hasil ulangan nilai rendah dan diakhiri ada perubahan peningkatan hasil belajar direkomendasiakan belajar biologi tentang Sel dengan mengunakan metode jigsaw dapat meningkatkan nilai rata-rata 63,80 yang dicapai pada kondisi awal setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan metode jigsaw, pada kondisi akhir menjadi nilai rata-rata 90,47 dengan demikian ada peningkatan sebesar 26,67 %. Proses pembelajaran biologi dari kondisi awal ke kondisi akhir terdapat peningkatan yang semula masih banyak siswa yang pasif, sebagian besar siswa tidak berani bertanya. Aktifitas siswa dalam belajar dan diskusi masih rendah setelah dilakukan tindakan kelas menjadi siswa yang pasif sedikit saat kerja kelompok, Sangat sedikit siswa tidak berani bertanya saat diskusi, Aktifitas siswa dalam diskusi tinggi. Siswa mendapat pengalaman belajar secara kelompok, berani mengemukakan pendapat didepan temannya, bertanggung jawab, latihan kerja sama, mau menerima kritik dan saran. Secara keseluruhan, pembelajaaran biologi dengan menggunakan metode jigsaw dikatakan berhasil, karena dapat meningkatkan prestasi belajar biologi tentang Sel bagi siswa kelas XI-IPA2 SMA Negeri 3 Baubau pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019 / 2020.
Dengan demikian, berdasarkan hasil penelitian Siklus I dan Siklus II, maka hipotesis penelitian yang mengatakan bahwa, “Peningkatan Prestasi Belajar Biologi melalui implementasi Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw bagi siswa kelas XI-IPA2 SMAN 3 BauBau pada materi pokok Sel”, terbukti kebenarannya
Downloads
References
PERMEDIKNAS. 2006: Standar Kompetensi Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah, Mendiknas, Jakarta..
Winarno Surakhmad. 1994. Pengantar Interaksi Mengajar Belajar. Bandung: Tarsito.
Sanjaya, W. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Brbasis Kompetensi. Kencana. Jakarta
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994. Kurikulum Sekolah Menengah Umum (GBPP) Mata Pelajaran Biology, Depdikbud, Jakarta.
Ibrahim, M,. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Program Pasca Sarjana Unesa.
Suharsimi Arikunto. 1998. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.