Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas X.IPA 1 Pada SMA Negeri 3 Baubau Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad pada Materi Ekosistem
DOI:
https://doi.org/10.55340/fkip.v8i2.352Keywords:
ekosistem, prestasi belajar, biologiAbstract
Penelitian ini bertujuan dapat untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dilaksanakan oleh siswa kelas X IPA 1 SMAN 3 Baubau Pada Materi Ekosistem serta berapa siklus yang dibutuhkan untuk meningkatkan prestasi belajar Biologi.
Desain Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Subyek penelitian adalah siswa kelas X IPA 1 SMAN 3 BauBau tahun 2019/2020. Data yang dikumpulkan berupa data pelaksanaan tindakan kelas data peningkatan prestasi belajar biologi siswa dapat dilihat dari hasil nilai pre-test dan post-test. Data peningkatan prestasi belajar siswa dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dilaksanakan di kelas X IPA 3 SMAN 3 Baubau pada materi Animalia dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa. Peningkatan Prestasi belajar siswa ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai post-test terhadap nilai pre-test yang pelaksanaannya dapat ditempuh dalam dua siklus. Dimana nilai yang diperoleh menunjukan peningkatan dari siklus I nilai yang tuntas 52 % menjadi 90,47 % yang tuntas pada siklus II.
Downloads
References
Kusnandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Nurhadi. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contekstual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas.
S.Arikunto. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sukidin. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendekia.