Penerapan Metode Eksperimen Berwawasan Lingkungan Terhadap Efektivitas Pembelajaran Kimia Kelas X SMA Negeri 3 Baubau Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Rasyid Rasyid SMA Negeri 3 Baubau

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v8i2.353

Keywords:

Zat Kimia, lingkungan, prestasi, aktivitas, efektif

Abstract

Hasil observasi pertama dengan guru teman sejawat menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi, diskusi, dan ceramah dalam pembelajaran kimia di kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Baubau kurang efektif untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Keterbatasan bahan kimia di sekolah menyebabkan demonstrasi jarang dilakukan. Penggunaan metode eksperimen zat-zat dari lingkungan siswa merupakan salah satu metode eksperimen alternatif untuk mengatasi keterbatasan zat kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi dan aktivitas siswa dengan menerapkan metode eksperimen dengan menggunakan bahan-bahan dari lingkungan sekitar siswa dalam pembelajaran kimia di kelas X. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 yang berjumlah 37 siswa pada semester 1 SMA Negeri 3 Baubau, terdiri dari 11 putra dan 26 putri. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Penyiapan perangkat pengajaran (Silabus, RPP, LKS, dan instrumen penelitian) dilakukan pada tahap perencanaan. Proses pembelajaran dilakukan melalui eksperimen, diskusi, presentasi, dan pekerjaan rumah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi dan aktivitas belajar siswa dari siklus ke siklus. Penerapan metode eksperimen berwawasan lingkungan dapat efektif dalam proses pembelajaran kimia di kelas X IPA 2 SMA Negeri 3 Baubau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aripin, M., 1995. Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia., Penerbit: Erlangga. Jakarta.

Prasetyo, Z.K., 1998. Kapita Selekta Pembelajaran Fisika., Universitas Terbuka, Depdikbud. Jakarta.

Roestiyah, N.K., 1985. Masalah Pengajaran Sebagai Suatu Sistem.,Penerbit: Bina Aksara. Jakarta.

Soetarjo, dan Soejitno, PO., 1998. Proses Belajar Mengajar dengan Metode Pendekatan Keterampilan Proses. Penerbit: SIC, Surabaya.

Solomon, S., Hur, C., Lee, A., and Smith, K., 1996. Synthesis of Ethyl Salicylate Using Household Chemicals. Journal of Chemical Education.,73 (2), 173–175.

Downloads

Published

2020-05-01

Issue

Section

Articles