Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI Jurusan IPS di SMA Negeri 2 Baubau T.A. 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.55340/fkip.v8i3.399Keywords:
Kegiatan Ekstrakurikuler, Prestasi Belajar EkonomiAbstract
Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 2 Baubau Tahun Ajaran 2019/2020 Penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 98 siswa dan sampel yang digunakan ini seluruh populasi dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan model persamaan regresi didapat yaitu (a). Y =79.734 + 0,1222X. Artinya jika keikutsertaan kegiatan ekstrakurikuler meningkat sebesar 1 maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,122 karena nilai sig kegiatan ekstrakurikuler (0,022) lebih kecil dari 0,05 maka variable kegiatan ekstrakurikuler memiliki pengaruh yang berarti terhadap prestasi belajar siswa (Y), Rsquare sebesar 0,23 artinya variasi prestasi belajar dapat dijelaskan oleh kegiatan ekstrakurikuler sebesar 23,1% sisanya ditentukan oleh variasi variabel lain yang tidak diteliti.
Downloads
References
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta, Rineke Cipta.
Kemendikbud. 2006. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kemendikbud. 2013. Lampiran Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 tentang kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 958. Sekretariat Kemendikbud. Jakarta.
Djalal, M.F. 1986. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Asing. P3T IKIP Malang. Malang
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.