Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Melalui Penerapan Pembelajaran Learning Cycle Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 3 Baubau Tahun Pelajaran 2019/2020

Authors

  • Maryam Maryam SMA Negeri 3 Baubau

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v8i3.400

Keywords:

Pembelajaran Learning Cycle, Prestasi Belajar Ekonomi

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengkaji Peningkatan Prestasi Belajar Ekonomi melalui Strategi Pembelajaran Siklus Belajar (LC) Pada Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 3 Baubau Tahun Pelajaran 2019/2020. Lokasi penelitian dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 3 Baubau Kota Baubau. Penelitin ini dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2019 Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 3 Baubau yang berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran secara konvensional, misalnya ceramah murni kurang maksimal dalam meningkatkan keterlibatan siswa di kelas. Hal ini terbukti dari hasil rata-rata (mean) prestasi belajar kelas XII IPS 1 untuk KD. 3.2 hanya mencapai 69,95. Apabila dilacak prestasi belajar setiap siswa nampak jumlah siswa yang tidak mencapai ketuntasan (SKBM) cukup banyak, yaitu 24 siswa dari 35 siswa (68,57%), sedangkan jumlah siswa yang tuntas hanya 11 siswa (31,42%). Bahwa model strategi pembelajaran siklus belajar (LC) pada mata pelajaran ekonomi KD. 3.2 di kelas XII IPS 1 dapat: (a) meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi KD. 3.2 tentang hukum permintaan dan penawaran khususnya menemukan hukum permintaan dan penawaran beserta asumsi-asumsinya, yaitu: Rata-rata prestasi belajar di kelas adalah 76,71%; jumlah siswa yang tuntas mencapai 33 siswa dari 35 siswa (94,28%), sedangkan yang tidak tuntas hanya 2 siswa (6,71); dan (b) meningkatkan kualitas kepribadian siswa, khususnya menyangkut aspek: kerjasama; inisiatif diri; keseriusan; keterlibatan diri; dan sikap tanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Dr. M, S. (2010). Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Lilin.

Atmodiwirio, S. (2000). Manajemen Pendidikan Indonesia (cet. 1). akarta: Ardadizya Jaya.

Dasna, W. (2005). Kajian Implementasi Model Siklus Belajar (Learning cycle) dalam Pembelajaran Kimia. FMIPA UM- Dirjen Dikti Depdiknas.

Lestari dan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Adi.

Moleong Lexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2020-09-01