Penggunaan Metode Scientific pada Pembelajaran Sejarah Kelas X SMA Negeri 1 Kambowa

Authors

  • Sun Fitriani Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Maskun Baitu Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Munawir Mansyur Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v8i3.401

Keywords:

Metode Scientific dan pembelajaran Sejarah

Abstract

Penelitian dengan tujuan penerapan metode Scientific untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa aktif dalam pembelajaran sejarah pada SMA Negeri 1 Kambowa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kambowa dengan jumlah 86 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IISI 1 SMA Negeri 1 Kambowa dengan jumlah siswa 22 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pada siklus I rata-rata nilai siswa sebesar 73,36 dengan ketuntasan belajar mencapai 63,63% sehingga belum memenuhi standar pembelajaran; 2) pada siklus II sudah mencapai nilai standar pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 78,63 dengan ketuntasan pembelajaran mencapai 86,36%. Dapat disimpulkan kesimpulan bahwa dengan menerapkan metode Scientific maka hasil belajar sejarah siswa kelas X IISI 1 SMA Negeri 1 Kambowa dapat ditingkatkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto. (2014). Metode Pembelajaran Scientific Kurikulum 2013. Penerbit Gava Media.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Kurniasih dan Sani. (2014). Srategi-strategi Pembelajaran. Alfabeta.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Maleong Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensido.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Metode Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2020-09-01