Efektivitas Model Pembelajaran Advance Organizer Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Kaledupa

Authors

  • Hasliani Hasliani Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • Rahmatia Rahmatia Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v9i1.404

Keywords:

Advance Organizer, Hasil Belajar

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penerapan model pembelajaran Advance Organizer efektif ditinjau dari hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 3 Kaledupa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kaledupa yang terdiri atas 2 kelas. Sampel yang digunakan yaitu sampel jenuh, dimana sampel yang diambil adalah jumlah populasi yaitu siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol SMP Negeri 3 Kaledupa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes. Berdasarkan hasil penghitungan dengan menggunakan independent samples t test dengan aqual variances assumed. Kriteria penerimaan hipotesis dilihat dari nilai signifikansi, jika Sig (2- tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Apabila Sig (2-tailed) > 0,05 maka H0 diterima dan H1 ditolak. Diketahui bahwa nilai signifikansinya adalah 0,040, nilai N-gain diperoleh perbedaan nilai rata- rata hasil belajar matematika kelas eksperimen sebesar 18,97 dan kelas kontrol sebesar 10,81. Maka kriteria kefektifan didasarkan pada gain score diperoleh persentase kelas eksperimen sebesar 18,97% termasuk dalam kategori cukup efektif karena berada diantara 18% sampai dengan 75%, maka Ho ditolak dan H1 diterima berdasarkan kriteria penerimaan hipotesis. Hal ini berarti Penerapan model pembelajaran Advance Organizer cukup efektif ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kaledupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Virtual Reality terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Tata Surya.

Best, J. W., & Kahn, J. V. (2016). Research in education. Pearson Education India.

Jaya, E. P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016.

Lustanti, R. K. (2013). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–10.

Sundayana, R. (2014). Media dan Alat Pearaga Dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta.

Usman Uzer Setiawati Lilis. (1993). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya.

Yunus, N. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (Lkm) Berbasis Masalah pada Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. Jurnal Biogenerasi, 5(2), 29–37.

Downloads

Published

2021-01-01

Issue

Section

Articles