Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terbimbing terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Buton Tengah

Authors

  • Nurul Atika Universitas Dayanu Ikhsanuddin
  • La Eru Ugi Universitas Dayanu Ikhsanuddin

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v9i2.422

Keywords:

Model pembelajaran terbimbing, hasil belajar matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terbimbing terhadap hasil belajar matematika siswa pada kelas VII SMP Negeri 7 Buton Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Buton Tengah yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 161 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik random sampling yaitu kelas VII.F sebagai kelas control yang terdiri atas 26 siswa dan kelas VII.D sebagai kelas eksperimen yang terdiri atas 27 siswa. Instrumen yang digunakan untuk penelitian adalah tes. Untuk hasil analisis inferensial dari hail uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = -2, 960 dan signifikan pada 0,005 < 0,05, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian penerapan model pembelajaran terbimbing berpengauh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa pada kelas Vll SMP Negeri 7 Buton Tengah tahun ajaran 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DS Purnama. (2008). Implementasi Model Pembelajaran Kreatif dan Produktif Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Guru. https://journal.uny.ac.id

Hamzah, A. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Raja Grafindo Persada.

Haryono, S. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Datar Segi Empat di Kelas Vll SMPT Ishaka Ambon.

Ma’ruf, A. H. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Metode Problem Posing dan Metode Ekspository SMAN 58 Jakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) Kusuma Negara Jakarta 10 (1) 51-60, 10 (1), 51–60.

Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Masa Depan. Depdikbud.

Wina Senjaya. (2008). Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles