Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (Outdoor) pada Siswa Kelas VII.7 SMP Negeri 17 Baubau Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021

Authors

  • La Djufri SMP Negeri 17 Baubau

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v9i2.423

Keywords:

Pembelajaran IPS, Contekstual Theachinglearning Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan Contextual Teaching Learning (outdoor) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada kelas VII.7 SMP Negeri 17 Baubau. Sedangkan tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Contextual Teaching Learning (outdoor) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada kelas VII.7 SMP Negeri 17 Baubau.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.7 SMP Negeri 17 Baubau yang terdiri atas 22 siswa. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil tes pada siklus I dan II.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, terdapat peningkatan dari pra siklus meski belum signifikan dari nilai rata-rata UH 79 dan ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 80%. Siklus II menunjukkan prestasi belajar siswa yang semakin meningkat dari pra siklus maupun Siklus I yakni nilai rata-rata UH 88,6 dengan ketuntasan klasikalnya 100%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (outdoor) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada kelas VII.7 SMP Negeri 17 Baubau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurakhman & Rusli. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran.

Depdikbud. (1994). Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Dirjen Dikdasmen.

IKIP. (1995). Kebijakan Pengembangan IKIP Bandung 1995-1999. IKIP Bandung.

Listiyarti. (2019). Pendekatan Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Pemanfaatan Media Alam Sekitar di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga. Tesis IAIN Purwokerto.

Nurdin & Usman. (2003). Guru Profesional & Implementasi Kurikulum. Ciputat Press.

Syahriningsih, P. (2018). Pembelajaran Kontekstual dengan Menggunakan Media Model Kerangka Manusia Mampu Meningkatkan Hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas 69 XI.IPA SMA Negeri 8 Balikpapan. Jurnal Ilmu Pendidikan LPMP Kalimantan Timur, Volume XII, 57-67 ISSN: 1858-3105.

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles