Efektivitas Pendekatan Open-Ended Ditinjau dari Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Talaga Raya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.55340/fkip.v9i2.424

Keywords:

Pendekatan Open Ended, Kemampuan Representasi Matematis

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pendekatan Open-ended dalam pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Talaga Raya. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Talaga Raya yang terdiri atas 5 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yaitu kelas X IPA1 kelompok A sebagai kelas eksperimen sebanyak 14 orang dan siswa kelas X IPA 1 kelompok B sebagai kelas kontrol sebanyak 16 orang di SMA Negeri 1 Talaga Raya.Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) rata-rata hasil belajar siswa pada tes awal kelas eksperimen sebesar 67,1429; (2) rata-rata hasil belajar siswa pada tes awal kelas kontrol sebesar 57,8125; (3) rata-rata hasil belajar siswa pada tes akhir kelas eksperimen sebesar 80,7143; (4)rata-rata hasil belajar siswa pada tes akhir kelas kontrol sebesar 70,9375. (5) berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai thitung = 0,208 dan nilai signifikan ρ = 0,837. Berdasarkan nilaisignifikan = 0,837 < 0,05 dengan demikian hipotesis  (H0) diterima.Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematikaditinjau dari kemampuan representasi matematis tidak efektif pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Talaga Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azis, A., & Dewangga, J. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Explicit Intruction dan Reward and Punishment ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.31219/osf.io/7xh46

Azis, A., & Yanti, I. S. (2019). Pengaruh Penerapan Fudiwus (Funny Study With Wolio Music) Ditinjau Dari Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.31219/osf.io/8zwvn

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. In Badan Penerbit Universitas Diponegoro (5th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kadir. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Pratiwi, D. E. (2013). Penerapan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/627/

Rusiana. (2019). Efektifitas Pembelajaran Model Fleming terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Buton Tengah. Universitas Dayanu Ikhsanuddin.

Sari, I. P., Yenni, Y., & Raditya, A. (2017). Pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 19–32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/prima.v1i1.251

Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Trihendradi, C. (2012). Step by Step SPSS 20 : Analisis Data Statistik. Andi.

Wibisono, Y. (2005). Metode Statistik. Gajah Mada University Press.

Widoyoko, S. E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2021-05-31

Issue

Section

Articles