BIMBINGAN KELOMPOK SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 15 BUTON TENGAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.55340/fkip.v9i3.508Keywords:
layanan bimbingan kelompok, motivasi belajarAbstract
Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Buton Tengah. Jenis penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Hasil prasurvey menunjukan bahwa:(1) layanan bimbingan kelompok di SMP Negeri 15 Buton Tengah belum sesuai dengan ketentuan formal pelaksanaan layanan; (2) tingkat motivasi belajar beberapa siswa di SMP Negeri 15 Buton Tengah masih rendah. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok secara ideal sesuai dengan ketentuan formal pelaksanaan layanan. Hasil pelaksanaan tindakan menunjukan motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Rata-rata skor sebelum pelaksanaan tindakan adalah 56% (kategori rendah), pasca siklus 1 adalah 74% (kategori tinggi), dan pasca siklus 2 adalah 84 (kategori sangat tinggi). Peningkatan skor tersebut membuktikan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 15 Buton Tengah Kabupaten Buton Tengah.
Downloads
References
Ananni, C. T. (2006). Psikologi Belajar. UPT Press.
Dewa. K. Sukardi. (2008). Bimbingan Karir di Sekolah-sekolah. Ghalia Utama.
Hamzah B. Uno. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.
Nashar, D. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Kegiatan Pembelajaran. Delia Press.
Prayitno dan Amti. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.
Rohman N dan Maleong L.J. (1979). Psikologi Pendidikan. Prindo Jaya.
Soemanto, W. (2006). Psikologi Pendidikan. PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Alfabeta.