PEMANFAATAN SOFTWARE APLIKASI PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH MENENGAH PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.55340/fkip.v9i3.510Keywords:
Aplikasi Daring, Sekolah Menengah, Covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemanfaatan software aplikasi pembelajaran daring di sekolah menengah pada masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan berdasarkan pada analisis tinjauan pada studi literatur terhadap artikel atau tulisan yang membahas tentang pemanfaatan software aplikasi pembelajaran daring di sekolah menengah pada masa Covid-19, dengan cara mengunjungi media online yang berisi halaman ataupun artikel berbasis Web, selanjutnya dilakukan analisis deskriptif terhadap kontent dari artikel atau halaman literatur (Descriptive Content Analysis Study). Data dikelola melalui filterisasi berdasarkan penelusuran tahun merebaknya pandemi Covid-19 yaitu pada tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa software aplikasi Learning Management System (LMS) populer yang paling sering digunakan dalam pembelajaran daring di sekolah menengah pada masa pandemi Covid-19 antara lain Google Classrom, Edmodo, Moodle, Schoology. Sedangkan aplikasi komunikasi dan video conference yang sering digunakan adalah Zoom Meeting, Google meet, Webex, Whatsapps.
Downloads
References
Abidin Dkk. (2020). Pembelajaran Online berbasis Proyek Sebagai Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi Covid19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article
Ikhwan, A. N. (2020a). Penggunaan Software dalam Pembelajaran Kampus di Masa Pandemi Covid19: Studi Literatur [Medan: UINSU]. https://osf.io/qcgye/download/?format=pdf
Ikhwan, A. N. (2020b). Penggunaan Software dalam Pembelajaran Kampus di Masa Pandemi Covid19 [UINSU]. https://osf.io/qcgye/download/?format=pdf
Kemendikbud. (2020). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/20
/06/panduan-penyelenggaraanpembelajaran-pada-tahun-ajaran-dan-tahunakademik-baru-di-masa-covid19
Santosa Dkk. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254
Subandi Dkk. (2018). Building Interactive Communication with Google Classroom. International Journal of Engineering and Technology (UAE), 7, 460–463. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.13.18141
Yurianto, A. (2020). Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. https://covid19.go.id/
Zulkifli, M. (2020). Tutorial Menggunakan Schoology. Artikel Teknologi PPPPTK Matematika. http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/artikel/2020/03/30/tutorial-menggunakanschoology/
Zuriati, S & Briando, B. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Online di Masa Pandemi Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjung Pinang. Webinar dan Call For Paper “Menyongsong Era Merdeka Belajar. https://www.researchgate.net/publication/342330009